close
Breaking news

JAKARTA – Kepemilikan senjata nuklir ternyata turut menjadi simbol superio...read more Yogyakarta, RASILNEWS – Bencana alam di Indonesia pada tahun ini terhitung s...read more RASILNEWS, MYANMAR – Pejabat KBRI di Yangon menyatakan, proyek pembangunan...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Bazar Sya’ban 1438 akan mengangkat isu Halal Life...read more Rasilnews, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, tida...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Pemimpin Redaksi (Pemred) Kantor Berita Islam MINA,...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Geliat Dakwah islam di negeri seribu pagoda Thailan...read more RASILNEWS, MALAYSIA – Dua perusahaan Malaysia yang mengoperasikan pelabuha...read more RASILNEWS, JAKARTA – Koordinator Tim Pembela Ulama dan Aktivis (PUA), Eggi...read more RASILNEWS, JAKARTA – Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifudd...read more

ACT KUMPULKAN DONASI 650 JUTA LEBIH UNTUK PALESTINA

KULONPROGO, RASILNEWS – Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY, berhasil mengumpulkan donasi sekitar 650 juta lebih dari masyarakat Yogyakarta untuk Bangsa Palestina, yang saat ini masih dijajah oleh Israel.

Donasi tersebut dikumpulkan melalui roadshow yang digelar ACT dengan tema ‘Indonesia Selamatkan Palestina’ bersama Ustaz Muhammahd Husein Gaza sebagai narasumber.

Kegiatan bertujuan mengajak masyarakat Yogyakarta untuk peduli terhadap kondisi yang masih menimpa bangsa Palestina. Dalam paparannya, Husein mengingatkan betapa besar peran masyarakat Palestina untuk kemerdekaan Indonesia.

“Orang-orang Palestina memiliki peran yang besar terhadap kemerdekaan Indonesia, ketika Indonesia merdeka, salah satu bangsa yang pertama mendukung kemerdekaan Indonesia adalah Palestina,” kata Husein di Masjid Al Amin Kulonprogo, Rabu (13/3) lalu.

“Tidak hanya itu, dulu di Palestina ada seorang saudagar kaya, lantas menguras seluruh hartanya lalu disumbangkan kepada Indonesia untuk membantu kemerdekaan,” lanjutnya.

Roadshow bersama Husein tersebut sudah berjalan empat hari sejak, Ahad (10/3), dan akan berakhir hingga Kamis (14/3). Sejauh ini sudah terkumpul Rp 650 juta lebih baik berupa donasi tunai maupun komitmen.

Kepala Cabang ACT DIY Bagus Suryanto menuturkan, setelah donasi terkumpul dari ACT rencananya akan digunakan untuk membantu Palestina. Bentuknya, program Kapal Kemausiaan untuk Palestina.

“Pada April mendatang, ACT berencana melayarkan 1.000 ton logistik yang dikemas dalam Kapal Kemanusiaan. Tahun lalu, ACT berhasil melayarkan Kapal Kemanusiaan yang mengangkat 2.000 ton beras untuk Palestina,” ujar Bagus.

Dia mengatakan, Gelaran itu sendiri merupakan rangkaian aksi-aksi kemanusiaan ACT untuk membantu Palestina. Dalam dua pekan terakhir, ACT turut melakukan aksi simpatik dan penggalangan dana.

“Akhir Maret mendatang, akan diadakan konser kemanusiaan yang dihadiri bintang tamu Melly Goeslaw. Rencananya, konser itu akan dilangsungkan pada 17 Maret 2019 dalam Islamic Fair, tutur Bagus.

Terkait kondisi ini, Bagus menjelaskan, Palestina memasuki fase terburuk. Tepatnya, setelah 13 tahun blokade Israel dan penghentian bantuan kemanusiaan untuk Palestina yang diputuskan PBB.

Lebih dari separuh masyarakat Gaza, khususnya, kini berada di ambang kehancuran dan kelaparan. Menurutnya, 98 persen air di Gaza telah tercemar limbah dan listrik hanya mengalir dua jam per hari.

“Bahkan, sistem pemerintahan di Palestina sudah tidak mampu menggaji para pegawainya, dan demi panggilan kemanusiaan mari kita bantu saudara-saudara kita di Palestina,” kata Bagus.

Sumber : REPUBLIKA

Tags: , ,

No Comments

Leave a reply

Post your comment
Enter your name
Your e-mail address

Story Page