close
Breaking news

JAKARTA – Kepemilikan senjata nuklir ternyata turut menjadi simbol superio...read more Yogyakarta, RASILNEWS – Bencana alam di Indonesia pada tahun ini terhitung s...read more RASILNEWS, MYANMAR – Pejabat KBRI di Yangon menyatakan, proyek pembangunan...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Bazar Sya’ban 1438 akan mengangkat isu Halal Life...read more Rasilnews, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, tida...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Pemimpin Redaksi (Pemred) Kantor Berita Islam MINA,...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Geliat Dakwah islam di negeri seribu pagoda Thailan...read more RASILNEWS, MALAYSIA – Dua perusahaan Malaysia yang mengoperasikan pelabuha...read more RASILNEWS, JAKARTA – Koordinator Tim Pembela Ulama dan Aktivis (PUA), Eggi...read more RASILNEWS, JAKARTA – Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifudd...read more

4 FAKTA DIABETES YANG HARUS KAMU KETAHUI

JAKARTA, RASILNEWS – Diabetes adalah penyakit kronis atau yang berlangsung jangka panjang yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal.

Penyakit yang satu ini juga termasuk penyakit yang susah untuk dikendalikan jika telah mencapai puncaknya. Ia merupakan salah satu penyakit penyebab kematian didunia.

Di lansir dari detikHealth pada Jum’at (17/7), yang dirangkum dari Northwestern Medicine, berikut 4 fakta tentang diabetes yang perlu kamu tahu :

1. Konsumsi gula bukan penyebab utama diabetes

Terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis memang tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan masalah kesehatan. Namun, gula bukanlah penyebab utama dari diabetes.

Diabetes sendiri umumnya terdiri dari dua tipe, yakni tipe 1 dan tipe 2. Kedua tipe ini pun memiliki penyebab utama yang berbeda-beda.

Diabetes tipe 1 disebabkan oleh kelainan bawaan pada sistem metabolisme gula. Pada kondisi ini, pankreas tidak dapat memproduksi insulin, hormon yang mengatur kadar gula darah.

Sementara itu, diabetes tipe 2 disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Pada tipe ini, pankreas dapat memproduksi insulin, tetapi tidak cukup untuk mengatur kadar gula darah. Kelebihan berat badan atau obesitas menjadi salah satu faktor risikonya.

2. Masih bisa makan manis, tapi dengan catatan

Pengidap diabetes masih diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman manis, tapi dengan catatan harus dibatasi. Selain itu, harus pastikan juga kadar gulanya dalam kondisi terkontrol dengan rutin mengonsumsi obat-obatan sesuai petunjuk dokter.

3. Diabetes saat hamil tidak akan mewariskan penyakit

Selain diabetes tipe 1 dan 2, penyakit ini juga memiliki tipe yang ketiga yaitu diabetes gestasional. Diabetes ini umum terjadi pada saat kehamilan.

Wanita yang mengidap diabetes gestasional memang berisiko mengalami komplikasi kehamilan dan persalinan, tetapi ini tidak ada kaitannya dengan peningkatan risiko diabetes pada bayi yang dikandungnya.

4. Diabetes bisa dicegah dan dikontrol

Penyakit ini bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti membatasi mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula, kalori, lemak, dan juga rutin berolahraga. Walaupun sampai terdiagnosa diabetes, pengobatan yang teratur bisa meningkatkan kualitas hidup pasien.

Tags: ,

No Comments

Leave a reply

Post your comment
Enter your name
Your e-mail address

Story Page