close
Breaking news

JAKARTA – Kepemilikan senjata nuklir ternyata turut menjadi simbol superio...read more Yogyakarta, RASILNEWS – Bencana alam di Indonesia pada tahun ini terhitung s...read more RASILNEWS, MYANMAR – Pejabat KBRI di Yangon menyatakan, proyek pembangunan...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Bazar Sya’ban 1438 akan mengangkat isu Halal Life...read more Rasilnews, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, tida...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Pemimpin Redaksi (Pemred) Kantor Berita Islam MINA,...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Geliat Dakwah islam di negeri seribu pagoda Thailan...read more RASILNEWS, MALAYSIA – Dua perusahaan Malaysia yang mengoperasikan pelabuha...read more RASILNEWS, JAKARTA – Koordinator Tim Pembela Ulama dan Aktivis (PUA), Eggi...read more RASILNEWS, JAKARTA – Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifudd...read more

AZERBAIJAN JADI TUAN RUMAH KTT WARISAN DUNIA UNESCO

Baku, RASILNEWS – Azerbaijan menjadi tuan rumah KTT tahunan Komite Warisan Dunia UNESCO ke-43 di mana perwakilan dari sekitar 180 negara ikut berpartisipasi.

Menurut media Azeri, KTT dimulai pada 30 Juni dan akan meninjau 36 kandidat situs budaya dan cagar alam yang jika disahkan akan masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Dilansir dari Anadolu Agency pada (2/7/2019), KTT itu juga menampilkan 42 nominasi.

“28 dari file yang dinominasikan adalah situs budaya, sementara 6 kandidat merupakan cagar alam dan 2 campuran [cagar alam dan budaya],” ungkap media Azeri.

Selain itu, UNESCO mengatakan bahwa KTT juga akan memeriksa keadaan konservasi 166 situs dalam Daftar Warisan Dunia, 54 di antaranya juga masuk dalam Daftar Warisan Dunia dalam Bahaya.

Wakil Presiden Pertama Azerbaijan Mehriban Aliyeva berpidato pada upacara pembukaan yang dihadiri oleh lebih dari 2.500 delegasi dari 180 negara.

Menurut pernyataan UNESCO, sebuah laporan tentang sesi ke 42 Komite Warisan Dunia yang diadakan di Manama, Bahrain, akan dipresentasikan pada KTT Baku di samping juga akan memeriksa keadaan konservasi properti Warisan Dunia.

Selain itu, KTT akan mengadakan sesi dengar pendapat untuk melaporkan anggaran UNESCO 2018-2019 dan membahas proposal anggaran Dana Warisan Dunia 2020-2021.

Pertemuan tingkat tinggi itu juga akan mengadopsi deklarasi Baku ketika KTT berakhir pada 10 Juli.

Acara tersebut dihadiri oleh pejabat tingkat tinggi dari negara-negara anggota UNESCO, termasuk perdana menteri, wakil perdana menteri, budaya, lingkungan, menteri pariwisata, kepala organisasi internasional, kepala badan penasihat UNESCO, perwakilan permanen untuk sekitar 70 negara UNESCO serta spesialis arsitektur, warisan dan lingkungan.

Setelah menjadi anggota UNESCO pada 1992, Azerbaijan menandatangani nota kerja sama dengan badan PBB tersebut pada 1996.

Kota Tembok Baku, Istana Shirvanshah dan Menara Maiden serta Lanskap Budaya Seni Batu Gobustan masuk dalam daftar situs Warisan Dunia UNESCO.

Tags: , ,

No Comments

Leave a reply

Post your comment
Enter your name
Your e-mail address

Story Page