Saturday, August 8, 2020
Home Mutiara Hikmah BALAS DENDAM TERBAIK ADALAH MENJADIKAN DIRIMU LEBIH BAIK

BALAS DENDAM TERBAIK ADALAH MENJADIKAN DIRIMU LEBIH BAIK

JAKARTA, RASILNEWS – Ketika kita merasa terusik, di mana seseorang mulai meremehkan dan menggap lemah diri kita, tentu ada rasa sakit yang terbenam dalam hati.

Hati terasa terluka dengan perkataan atau pun perbuatan yang menyinggung perasaan kita. Maka, di situlah seringkali, banyak orang yang menyimpan amarah dan menimbulkan rasa dendam.

Seseorang yang menyimpan dendam terhadap orang lain biasanya menginginkan orang lain merasakan seperti apa yang ia rasakan. Jelas, Islam tidak menganjurkan umatnya untuk mempunyai sifat pedendam.

Memang menyakitkan bila ada seseorang meremehkan sekaligus menjatuhkan kita terlebih jika sedang dalam keadaan terpuruk. Marah, sedih, dan rasa ingin balas dendam pun pastinya akan muncul dalam benak sebagian besar orang yang merasa harga dirinya diinjak-injak.

Lalu, bolehkah kita membela diri saat didzalimi? Allah SWT berfirman, “Dan bagi orang-orang yang apabila mereka diperlakukan dengan dzalim mereka membela diri. Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa yang memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah, sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang dzalim.

Dan sesungguhnya orang-orang yang membela diri setelah teraniaya tidak ada satupun dosa atas mereka, sesungguhnya dosa itu atas orang yang berbuat dzalim kepada manusia dan melampaui batas di muka tanpa hak. Mereka mendapat adzab yang pedih. Tetapi orang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang amat utama,” (QS. Asy Syuro: 39-43).

Jadi, jangan khawatir! Kamu tidak perlu repot-repot mengotori tanganmu untuk balas dendam. Berjanjilah kepada dirimu sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik bahkan sukses.

Nah, dalam hal ini kita selalu membutuhkan orang lain untuk dapat tumbuh dan berkembang sebagai pribadi yang semakin matang dan dewasa (lebih baik). Sebab kehadiran orang lain dalam kehidupan kita seperti keberadaan cermin yang selalu kita butuhkan secara fisik.

Cermin membantu kita bisa melihat seluruh bagian diri kita, yang tidak bisa dilihat langsung oleh mata kita. Bahkan cermin membantu kita bisa memperbaiki diri pada bagian bagian diri yang belum sempurna.

Orang lain dengan seluruh kualitas dan keberadaannya adalah cermin hidup bagi kita. Tetapi pada saat yang sama kadang kita tidak memperlengkap diri dengan berbagai sikap serta perilaku yang bisa membantu kita memanfaatkan keberadaan orang lain bagi kebaikan dan kemajuan hidup kita dengan cara bercermin dari kehidupan mereka.

Balas dendam kita pada orang lain yang berlaku buruk pada kita sebenarnya merupakan kewajaran psikologis. Sebab siapapun pasti tidak suka jika ada yang memperlakukan kita dengan buruk. Kita juga pasti ingin membalasnya.

Hanya saja jika balas dendam itu diwujudkan dalam bentuk perilaku yang bisa menghancurkan orang lain sudah pasti kita akan memasuki situasi hubungan yang makin merugikan kita dan mereka.

Akan tetapi jika balas dendam itu kita jadikan bentuk ikhtiyar memperbaiki diri menjadi sosok yang lebih baik, kemudian berinteraksi kembali dengan orang yang berlaku buruk pada kita, dengan interaksi yang lebih bermartabat, pasti kita dan mereka lebih banyak mendapatkan manfaat yang positif dan konstruktif.

Nah, itulah yang bisa kita lakukan untuk balas dendam yaitu dengan merubah diri menjadi pribadi yang lebih baik dan sukses tentunya.

Sumber : dikutip dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

TAJUK RASIL “PAHALA BERPOLITIK”

Rabu, 15 Dzulhijjah 1441 H/ 5 Agustus 2020 Pahala BerpolitikArtikel REPUBLIKA.CO.ID, Oleh : Dr. KH. Syamsul Yakin, MA

CARA MEMILIH HEWAN KURBAN BERKUALITAS SESUAI TUNTUTAN SYARIAT

JAKARTA, RASILNEWS - Hari Raya Kurban atau yang biasa kita kenal dengan hari Raya Idul Adha sangat identik dengan penyembelihan hewan kurban...

ADA APA DENGAN HATI

IJAKARTA, RASILNEWS - Tidak ada organ tubuh yang arti dan nilainya sama dengan hati. walaupun bentuknya yang kecil namun berperan penting dalam...

Eminem – Stronger Than I Was

We woke reasonably late following the feast and free flowing wine the night before. After gathering ourselves and our packs, we...

Recent Comments