close
Breaking news

JAKARTA – Kepemilikan senjata nuklir ternyata turut menjadi simbol superio...read more Yogyakarta, RASILNEWS – Bencana alam di Indonesia pada tahun ini terhitung s...read more RASILNEWS, MYANMAR – Pejabat KBRI di Yangon menyatakan, proyek pembangunan...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Bazar Sya’ban 1438 akan mengangkat isu Halal Life...read more Rasilnews, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, tida...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Pemimpin Redaksi (Pemred) Kantor Berita Islam MINA,...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Geliat Dakwah islam di negeri seribu pagoda Thailan...read more RASILNEWS, MALAYSIA – Dua perusahaan Malaysia yang mengoperasikan pelabuha...read more RASILNEWS, JAKARTA – Koordinator Tim Pembela Ulama dan Aktivis (PUA), Eggi...read more RASILNEWS, JAKARTA – Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifudd...read more

BPJPH KEMENAG DAN UNIVERSITAS TANJUNG PURA LAKUKAN SINERGI JPH

Google

PONTIANAK, RASILNEWS – Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama bersama Universitas Tanjung Pura dalam penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (JPH) melakukan penandatanganan nota kesepahaman.

“Memakan makanan halal akan memberikan keberkahan bagi umat,” kata Rektor Universitas Tanjung Pura Thamrin Usman saat memberikan sambutan, di Kampus Universitas Tanjung Pura, Pontianak, dikutip laman Kemenag (27/12).

Menurutnya, barang dan jasa yang dikonsumsi atau digunakan masyarakat harus terjamin kehalalannya. Melalui kerjasama ini,  pihaknya berharap kampusnya dapat berperan maksimal dan memberikan kontribusi terbaik dalam penyelenggaraan jaminan produk halal bagi masyarakat. Peran tersebut di antaranya dilakukan dalam sosialisasi, edukasi, dan penelitian produk halal.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPJPH Sukoso memberikan kuliah umum dengan judul “Peran Perguruan Tinggi Dalam Implementasi UU Nomor 33 tentang Jaminan Produk Halal”. Menurutnya, UU JPH memberikan keluasan peran bagi perguruan tinggi. “Perguruan tinggi mempunyai peran yang luas dalam penyelenggaraan JPH,” katanya.

Perguruan tinggi dapat ikut serta dalam penyelenggaraan sertifikasi halal, yaitu menjadi Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). Perguruan Tinggi mempunyai sumber daya manusia yang handal untuk menjadi auditor halal sesuai dengan standar kompetensi yang dipersyaratkan oleh Undang-undang. Sukoso menambahkan, perguruan tinggi dapat pula berperan dalam edukasi sadar halal bagi masyarakat.

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani Kepala BPJPH Sukoso dan Rektor Universitas Tanjung Pura Thamrin Usman. Hadir juga beberapa perwakilan instansi/lembaga seperti MUI Provinsi Kalbar, Kanwil Kemenag Privinsi, Pemda Kalbar dan BPOM.

No Comments

Leave a reply

Post your comment
Enter your name
Your e-mail address

Story Page