Saturday, August 8, 2020
Home Dunia Islam CARA MEMILIH HEWAN KURBAN BERKUALITAS SESUAI TUNTUTAN SYARIAT

CARA MEMILIH HEWAN KURBAN BERKUALITAS SESUAI TUNTUTAN SYARIAT

JAKARTA, RASILNEWS – Hari Raya Kurban atau yang biasa kita kenal dengan hari Raya Idul Adha sangat identik dengan penyembelihan hewan kurban yang memiliki dua makna.

Makna pertama, yakni ibadah serta pendekatan diri kepada Allah SWT melalui hewan yang akan disembelih atau dikurbankan. Sementara yang kedua ialah makna sosial yang diwujudkan lewat pembagian daging kurban, khususnya kepada kaum du’afa.

Terkait hewan kurban, tidak sembarangan hewan bisa dijadikan untuk berkurban. Ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sesuai syariat islam.

Dikutip dari tirto.id, cara memilih hewan kurban berkualitas adalah sebagai berikut :

1. Memilih hewan kurban yang sehat

Hewan kurban yang sehat memiliki ciri-ciri yakni bulu bersih dan mengkilat, gemuk dan lincah, muka cerah, nafsu makan baik, lubang kumlah (mulut, mata, hidung, telinga dan anus) bersih dan normal, suhu tubuh hewan normal 37 derajat celcius atau tidak demam dan tidak kurus.

2. Memilih hewan kurban yang tidak cacat

Sejumlah ciri yang menunjukkan bahwa hewan kurban tidak cacat adalah hewan tidak buta, tidak pincang, telinga hewan tidak rusak (tetapi berdasarkan kesepakatan ulama, bahwa bekas Eartag atau penanda lainnya dianggap bukan suatu kecacatan), jantan (tidak dikastrasi/kebiri), testis/buah zakar masih lengkap (2 buah), bentuk dan letak simetris.

3. Memilih hewan kurban yang sudah cukup umur

Salah satu syarat hewan bisa dikurbankan adalah sudah cukup umur. Berikut batas minimal umur hewan kurban sesuai dengan jenisnya:Kambing/domba: umur lebih dari 1 tahun, ditandai tumbuhnya sepasang gigi tetapSapi/kerbau: umur lebih dari 2 tahun, ditandai tumbuhnya sepasang gigi tetap.

Meskipun tidak diwajibkan, masyarakat dihimbau sebaiknya mengurbankan hewan jantan. Hal ini dianjurkan karena hewan-hewan kurban, seperti sapi, kambing, domba dan kerbau yang betina dibutuhkan keberadaannya untuk menjaga populasi penyuplai kebutuhan daging ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

TAJUK RASIL “PAHALA BERPOLITIK”

Rabu, 15 Dzulhijjah 1441 H/ 5 Agustus 2020 Pahala BerpolitikArtikel REPUBLIKA.CO.ID, Oleh : Dr. KH. Syamsul Yakin, MA

CARA MEMILIH HEWAN KURBAN BERKUALITAS SESUAI TUNTUTAN SYARIAT

JAKARTA, RASILNEWS - Hari Raya Kurban atau yang biasa kita kenal dengan hari Raya Idul Adha sangat identik dengan penyembelihan hewan kurban...

ADA APA DENGAN HATI

IJAKARTA, RASILNEWS - Tidak ada organ tubuh yang arti dan nilainya sama dengan hati. walaupun bentuknya yang kecil namun berperan penting dalam...

Eminem – Stronger Than I Was

We woke reasonably late following the feast and free flowing wine the night before. After gathering ourselves and our packs, we...

Recent Comments