close
Breaking news

JAKARTA – Kepemilikan senjata nuklir ternyata turut menjadi simbol superio...read more Yogyakarta, RASILNEWS – Bencana alam di Indonesia pada tahun ini terhitung s...read more RASILNEWS, MYANMAR – Pejabat KBRI di Yangon menyatakan, proyek pembangunan...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Bazar Sya’ban 1438 akan mengangkat isu Halal Life...read more Rasilnews, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, tida...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Pemimpin Redaksi (Pemred) Kantor Berita Islam MINA,...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Geliat Dakwah islam di negeri seribu pagoda Thailan...read more RASILNEWS, MALAYSIA – Dua perusahaan Malaysia yang mengoperasikan pelabuha...read more RASILNEWS, JAKARTA – Koordinator Tim Pembela Ulama dan Aktivis (PUA), Eggi...read more RASILNEWS, JAKARTA – Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifudd...read more

JOKOWI SAMPAIKAN DUKA ATAS KORBAN BANJIR DI MASAMBA LUWU UTARA

JAKARTA, RASILNEWS — Presiden Joko Widodo menyampaikan ungkapan duka cita pada warga yang meninggal akibat banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Ungkapan duka cita ini disampaikan Jokowi melalui akun instagramnya @jokowi.

Dikutip dari akunnya pada Jumat (17/7) Jokowi mengatakan, saya menyampaikan duka cita yang dalam atas jatuhnya korban jiwa dalam bencana ini dan kepada keluarga-keluarga yang ditinggalkan kiranya diberiNya kesabaran dan kekuatan.

Dilansir dari CNN Indonesia, Jokowi mengatakan, curah hujan yang tinggi pada 13 Juli lalu telah menyebabkan banjir bandang dari hulu sungai ke Kecamatan Masamba. Akibatnya sebagian kawasan di kecamatan tersebut tertutup lumpur, pasir dan menimbulkan kerusakan rumah serta bangunan publik.

“Dari Jakarta, saya telah memerintahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk segera turun ke Luwu Utara agar dapat bekerja sama dengan pemerintah Sulawesi Selatan, TNI, Polri, Basarnas, dan BPBD setempat untuk upaya penanganan darurat dan segera memulihkan kondisi Masamba,” katanya.

Korban jiwa dampak dari banjir yang terjadi pada senin (13/7) hingga Kamis (16/7) berjumlah 32 orang kemudian dari korban jiwa tersebut, lima di antaranya belum teridentifikasi dan 16 orang sudah didentifikasi. Jenazahnya telah dibawa ke rumah sakit yakni RSUD Andi Djemma dan RS Hikmah.

Sedangkan korban yang mengalami luka-luka sebanyak 10 orang saat ini masih menjalani perawatan di RSUD Andi Djemma, Masamba, Luwu Utara.

Desa Radda merupakan tempat yang paling parah terdampak banjir bandang tersebut. Warga trauma dan tidak mau tinggal di pengungsian wilayah terjangan banjir.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengatakan pihaknya akan menyiapkan lahan untuk rekolasi bagi warga yang ada di bantaran sungai baik di Sungai Masamba, Desa Baloli maupun Sungai Meli di Desa Radda.

Relokasi ini juga menjadi salah satu dari tiga prioritas utama pembenahan Luwu Utara oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Hujan sedang dan lebat di wilayah tersebut dalam beberapa hari belakangan yang hampir merata di wilayah itu mengakibatkan air sungai Rongkong dan Sungai Masamba meluap ke permukaan. Hujan juga menyebabkan longsor di hulu yang berada di lokasi pegunungan.

Tags: ,

No Comments

Leave a reply

Post your comment
Enter your name
Your e-mail address

Story Page