close
Breaking news

JAKARTA – Kepemilikan senjata nuklir ternyata turut menjadi simbol superio...read more Yogyakarta, RASILNEWS – Bencana alam di Indonesia pada tahun ini terhitung s...read more RASILNEWS, MYANMAR – Pejabat KBRI di Yangon menyatakan, proyek pembangunan...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Bazar Sya’ban 1438 akan mengangkat isu Halal Life...read more Rasilnews, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, tida...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Pemimpin Redaksi (Pemred) Kantor Berita Islam MINA,...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Geliat Dakwah islam di negeri seribu pagoda Thailan...read more RASILNEWS, MALAYSIA – Dua perusahaan Malaysia yang mengoperasikan pelabuha...read more RASILNEWS, JAKARTA – Koordinator Tim Pembela Ulama dan Aktivis (PUA), Eggi...read more RASILNEWS, JAKARTA – Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifudd...read more

Malaysia Garap Pasar Halal China Senilai $ 11,6 M

RASILNEWS, MALAYSIA – Dua perusahaan Malaysia yang mengoperasikan pelabuhan baru-baru ini ikut bergabung melayani pasar halal di Cina yang memiliki lebih dari 30 juta Muslim.

Northport dan Weifang Sime Darby Port mengumumkan kerja sama kedua pihak dalam bentuk nota kesepahaman untuk memfasilitasi pengiriman produk halal dari Malaysia ke Cina.

Northport, sebuah unit utilitas dan infrastruktur milik MMC Corporation Berhad, berjarak sekitar satu jam dari Kuala Lumpur, sementara Weifang di Shandong, Cina timur, adalah unit Sime Darby, milik seorang pengusaha kaya, Asia Nikei melaporkan.

Malaysia menargetkan ekspor produk halal sebesar 50 miliar ringgit ($ 11,6 miliar) pada tahun 2020, naik dari 39,3 miliar ringgit pada 2016. Malaysia juga disebut sebagai negara terdepan  dalam ekspor produk-produk halal.

Sime Darby telah menyisihkan area seluas 2,7 km persegi di Weifang untuk kawasan industri halal pertama di China. Konstruksi akan dimulai pada tahun anggaran berikutnya, yang dimulai Juli mendatang.

“Halal adalah bisnis besar dan kemitraan ini bertujuan untuk menangkap pasar yang tumbuh besar 10% tiap tahun,” kata Bakke Salleh, presiden dan kepala eksekutif Sime Darby.

Weifang yang terletak di perairan Bohai merupakan pintu gerbang menuju daerah pedalaman China yang ditempati populasi Muslim  seperti Henan, Ningxia, Gansu, dan Xinjiang. Sime Darby memperluas kapasitas pelabuhan dari 32 juta metrik ton tahun lalu menjadi 80 juta metrik ton per tahun pada tahun 2020.

Northport sudah merupakan pusat logistik halal dengan fasilitas khusus yang disertifikasi oleh otoritas agama. Kapasitas pelabuhan tumbuh 14% tahun lalu menjadi 3,22 juta kontainer.

No Comments

Leave a reply

Post your comment
Enter your name
Your e-mail address

Story Page