Saturday, August 8, 2020
Home Mutiara Hikmah PERANAN PENTING ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK

PERANAN PENTING ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK

JAKARTA, RASILNEWS – Anak itu adalah anugerah dan mandat yang dipercayakan oleh Allah kepada hamba-Nya yang akan dimintai tanggung jawab di akhirat. Kewajiban sebagai orang tua adalah memberikan pendidikan kepada anak-anak mulai dari usia dini. Perkembangan anak usia dini sangat terikat oleh lingkungan dan keluarga.

Karakter dan kepribadian anak-anak terbentuk pertama kali dalam keluarga. Orang tua harus memiliki konsep atau ketentuan dalam mendidik anak-anak mereka yang mencakup pendidikan moral atau karakter, pendidikan sains, pendidikan agama, bersikap adil kepada anak-anak, dan berikan perhatian dan kasih sayang kepada anak-anak. Orang tua menjadi panutan bagi anak-anak mereka. Karena itu, peran orang tua sangat penting dalam perkembangan dan pembentukan karakter anak sejak usia dini.

Anak merupakan anugerah dan sekaligus amanah yang dititipkan oleh Allah kepada hambaNya yang akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat kelak. Kewajiban sebagai orang tua adalah pendidikan bagi anak yang dimulai sejak dini. Perkembangan pada anak usia dini sangat dibutuhkan oleh Lingkungan dan peternakan.

Orang tua mengharapkannya memiliki konsep atau ketentuan dalam mendidik berlalu yang membahas pendidikan moral atau karakter, pendidikan ilmu pengetahuan, pendidikan ilmu agama, memikirkan adil terhadap anak, serta memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak. Orang tua menjadi suri tauladan untuk anak-anak. Oleh sebab itu, peran orang tua sangat penting dalam pengembangan dan pembentukan karakter anak sejak dini.

Orang tua merupakan orang pertama yang sangat besar peranannya dalam mendidik anak, karena pendidikan itu akan menentukan masa depan anak. Oleh karena itu peran dan upaya orang tua tersebut harus di perhatikan dengan baik sehingga bakal menumbuhkan kepribadian anak yang berkembang dengan sempurna.

Setiap orang tua punya peranan masing-masing terhadap pendidikan anaknya. Pendidikan awal yang mesti di dapat oleh seorang anak adalah pendidikan yang di berikan oleh orang tua terutama ketika di rumah, karena itu semua penting dalam mendukung untuk mewujudkan keberhasilan pendidikan sang buah hatinya. Namun masih sangatlah banyak orang tua yang kurang menyadari akan perannya dalam pendidikan dan malah hanya menyerahkan ke sekolah sepenuhnya.

Jika hal tersebut terjadi maka dapat berdampak negative terhadap pendidikan anak yang menjadikan anak tersebut mudah untuk berputus asa, minder,sewenang-wenang karena kurangnya perhatian, dukungan, dan pendidikan dari orang tua itu sendiri.

Dalam Islam menjelaskan bahwa anak merupakan amanah Allah yang tidak boleh disia-siakan, karena menyia-nyiakan anak berarti telah menyia-nyiakan amanah Allah. Dengan demikian orang tua memiliki kewajiban menjaga anak-anak baik melalui pendidikan agama maupun pengarahan lainnya.

Jika melihat peranan orang tua sebagai peran yang pertama bagi anak, maka tidak bisa dipisahkan dari peran seorang ibu. Karena ibulah orang yang paling utama sebagai pendidik di dalam keluarga di sebabkan dari sejak bayi lahir hingga tumbuh menjadi dewasa, ibulah yang paling dekat dan paling sering bersama mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

TAJUK RASIL “PAHALA BERPOLITIK”

Rabu, 15 Dzulhijjah 1441 H/ 5 Agustus 2020 Pahala BerpolitikArtikel REPUBLIKA.CO.ID, Oleh : Dr. KH. Syamsul Yakin, MA

CARA MEMILIH HEWAN KURBAN BERKUALITAS SESUAI TUNTUTAN SYARIAT

JAKARTA, RASILNEWS - Hari Raya Kurban atau yang biasa kita kenal dengan hari Raya Idul Adha sangat identik dengan penyembelihan hewan kurban...

ADA APA DENGAN HATI

IJAKARTA, RASILNEWS - Tidak ada organ tubuh yang arti dan nilainya sama dengan hati. walaupun bentuknya yang kecil namun berperan penting dalam...

Eminem – Stronger Than I Was

We woke reasonably late following the feast and free flowing wine the night before. After gathering ourselves and our packs, we...

Recent Comments