Saturday, August 8, 2020
Home Internasional PERPANJANGAN BANTUAN LINTAS BATAS PBB KE SURIAH DIVETO RUSIA-CHINA

PERPANJANGAN BANTUAN LINTAS BATAS PBB KE SURIAH DIVETO RUSIA-CHINA

NEWYORK, RASILNEWS – Rusia dan Cina telah memveto resolusi Dewan Keamanan PBB (DK PBB) untuk memperpanjang pengiriman bantuan dari Turki ke Suriah, yang menurut PBB sangat penting untuk menyelamatkan jutaan jiwa.

Persetujuan PBB selama enam tahun untuk pengiriman bantuan ke Suriah dari Turki diizinkan hingga Jumat. 13 anggota UNSC yang tersisa memberikan suara pada hari Selasa LALU untuk mendukung resolusi yang dirancang oleh Jerman dan Belgia.

Dewan Keamanan sekarang akan memilih proposal Rusia untuk menyetujui satu penyeberangan dari Turki untuk memberikan akses bantuan selama enam bulan.

Dilansir www.aljazeera.com Sebelumnya pada hari Selasa, juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres Stephane Dujarric mengatakan akses lintas perbatasan adalah “vital bagi kesejahteraan warga sipil di Suriah barat laut”.

UNSC pada bulan Januari mengizinkan operasi bantuan lintas-perbatasan untuk melanjutkan dari dua penyeberangan Turki selama enam bulan.

Pemungutan suara hari Selasa adalah yang ke 15 kalinya Rusia menggunakan hak veto sejak dimulainya perang Suriah pada tahun 2011.

“Kami melihat pengulangan dari apa yang terjadi enam bulan lalu. Sampai saat itu, PBB memiliki empat penyeberangan perbatasan yang diizinkan untuk pengiriman bantuan,” kata editor diplomatik Al Jazeera James Bays, melaporkan dari New York.

“Setelah menggunakan veto pada Desember, Rusia berhasil mengurangi jumlah itu menjadi dua penyeberangan,” katanya, seraya menambahkan bahwa “jam terus berdetak sampai otorisasi yang ada habis pada Jumat”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

TAJUK RASIL “PAHALA BERPOLITIK”

Rabu, 15 Dzulhijjah 1441 H/ 5 Agustus 2020 Pahala BerpolitikArtikel REPUBLIKA.CO.ID, Oleh : Dr. KH. Syamsul Yakin, MA

CARA MEMILIH HEWAN KURBAN BERKUALITAS SESUAI TUNTUTAN SYARIAT

JAKARTA, RASILNEWS - Hari Raya Kurban atau yang biasa kita kenal dengan hari Raya Idul Adha sangat identik dengan penyembelihan hewan kurban...

ADA APA DENGAN HATI

IJAKARTA, RASILNEWS - Tidak ada organ tubuh yang arti dan nilainya sama dengan hati. walaupun bentuknya yang kecil namun berperan penting dalam...

Eminem – Stronger Than I Was

We woke reasonably late following the feast and free flowing wine the night before. After gathering ourselves and our packs, we...

Recent Comments