close
Breaking news

JAKARTA – Kepemilikan senjata nuklir ternyata turut menjadi simbol superio...read more Yogyakarta, RASILNEWS – Bencana alam di Indonesia pada tahun ini terhitung s...read more RASILNEWS, MYANMAR – Pejabat KBRI di Yangon menyatakan, proyek pembangunan...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Bazar Sya’ban 1438 akan mengangkat isu Halal Life...read more Rasilnews, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, tida...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Pemimpin Redaksi (Pemred) Kantor Berita Islam MINA,...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Geliat Dakwah islam di negeri seribu pagoda Thailan...read more RASILNEWS, MALAYSIA – Dua perusahaan Malaysia yang mengoperasikan pelabuha...read more RASILNEWS, JAKARTA – Koordinator Tim Pembela Ulama dan Aktivis (PUA), Eggi...read more RASILNEWS, JAKARTA – Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifudd...read more

SEKJEN PBB KAGUMI SOLIDARITAS DI SELANDIA BARU

CHRISTCHURCH, RASILNEWS – Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengunjungi dua masjid di Christchurch yang menjadi sasaran penembakan oleh seorang pria bersenjata pada Maret lalu, dan menewaskan 51 jamaah. Guterres berada di dalam Masjid Al Noor selama 30 menit, dan berbicara dengan para pemimpin Muslim serta korban yang selamat dari serangan tersebut. 

Usai pertemuan, Guterres mengatakan kepada wartawan yang menunggunya di area luar masjid bahwa dirinya sangat tersentuh dengan kekompakan solidaritas warga Selandia Baru pasca-penembakan tersebut. Di balik tragedi penembakan yang brutal dan menyedihkan tersebut berubah menjadi kisah solidaritas dan menunjukkan dukungan satu sama lain tanpa mengenal suku, ras, serta agama. 

“Saya tidak bisa berkata-kata untuk menghilangkan rasa sakit dan kesedihan ini. Tapi saya datang ke sini secara pribadi untuk mengirimkan cinta, dukungan, dan kekaguman saya,” ujar Guterres, Selasa (14/5).

Guterres kemudian mengunjungi Masjid Linwood dan meletakkan karangan bunga. Di masjid tersebut dia bertemu dengan salah satu korban yang selamat dari penembakan yakni Abdul Aziz. Diketahui, Abdul Aziz dianggap sebagai pahlawan karena mengejar dan melemparkan mesin kartu kredit kepada pelaku penembakan. Aziz merasa terhormat dapat bertemu langsung dengan pemimpin PBB tersebut.

“Dia (Guterres) datang ke sini dan berbagi kesedihan dengan kita, itu sangat berarti bagi kita,” kata Aziz. 

Komisi Kerajaan Selandia Baru akan menyelidiki pelaku penembakan, penggunaan media sosial, koneksi jaringan internasional, serta mencari bukti apakah ada pengaturan prioritas yang tidak tepat dalam sumber daya anti terorisme. Dalam situs website, Komisi Kerajaan menyatakan akan mengumpulkan bukti-bukti dan informasi hingga Agustus. Komisi akan melaporkan temuannya kepada pemerintah pada 10 Desember mendatang. 

Sumber: REPUBLIKA

No Comments

Leave a reply

Post your comment
Enter your name
Your e-mail address

Story Page