Saturday, October 31, 2020
Home Nasional 1.280 JAMAAH AJUKAN PENGEMBALIAN SETORAN PELUNASAN BIAYA HAJI

1.280 JAMAAH AJUKAN PENGEMBALIAN SETORAN PELUNASAN BIAYA HAJI

JAKARTA, RASILNEWS- Jumlah jamaah yang mengajukan pengembalian setoran pelunasan biaya haji terus bertambah hingga Selasa sore (14/7). Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) mencatat total 1.280 jamaah atau 0,065 % dari seluruh jamaah yang melunasi mengajukan pengembalian.

Dilansir dari SindoNews.com, direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag) Muhajirin di Jakarta dalam siaran persnya pada Selasa (14/7) mengatakan, satu pekan terakhir ada 207 jemaah yang mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan. Jadi total sampai sore ini ada 1.280 jemaah.

Sejak memutuskan membatalkan keberangkatan jemaah haji 1441 H pada 2 Juni 2020, Kemenag memberi pilihan kepada jamaah untuk mengambil kembali setoran pelunasannya. Caranya, jamaah mengajukan permohonan ke Kantor Kemenag kabupaten/kota. Pengajuan itu lalu diproses ke Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan Bank Penerima Setoran (BPS).

Setelah mendapat Surat Perintah Membayar (SPM) dari BPKH, BPS akan mentransfer dananya ke rekening jamaah. Secara prosedur, proses ini berlangsung selama sembilan hari kerja sejak berkas permohonan dinyatakan lengkap oleh Kemenag Kabupaten/Kota.

Muhajirin menjelaskan, sampai saat ini setiap hari kerja selalu ada jamaah yang mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan tetapi jumlahnya tidak banyak. Dalam lima hari kerja terakhir misalnya pengajuan pengembalian pada rentang 24 sampai 69 orang per hari.

Provinsi dengan jumlah jamaah yang mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan terbanyak adalah Jawa Timur, yaitu 243 orang. Urutan terbanyak berikutnya adalah Jawa Tengah 235 orang, Jawa Barat 180 orang, Sumatera Utara 75 orang, Lampung 61 oranv, DKI Jakarta 48 orang, dan Banten 39 orang.

“Hanya Provinsi Maluku yang baru satu jemaah mengajukan permohonan. Sementara Maluku Utara dan Papua, masing-masing dua orang,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Presiden Jokowi Ajak Umat Islam Teladani Akhlaq Rasulullah

Jakarta, Rasilnews - Presiden Joko Widodo mengajak umat Islam untuk meneladani akhlak terbaik Rasulullah yang patut diteladani dan sangat relevan dalam...

Ketum GP Ansor : Islam Adalah Agama Rahmah Dan Kasih Sayang

Jakarta, Rasilnews - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor H Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, Islam adalah agama yang...

Prof Wiku : Perkembangan Penanganan Pandemi Covid-19 di Tingkat Kabupaten/Kota Meningkat Lebih Baik

Jakarta, Rasilnews - Perkembangan penanganan pandemi Covid-19 pada sebagian besar kabupaten/kota sejauh ini menunjukkan hasil yang baik.

Sebanyak 12.369 Personel Gabungan Amankan Aksi Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law Ciptaker

Jakarta, Rasilnews - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan sebanyak 12.369 personel gabungan TNI-Polri dan pemerintah daerah diterjunkan...

Recent Comments