Saturday, October 31, 2020
Home Internasional 4 Negara Teluk Putuskan Hubungan Diplomatik Dengan Qatar

4 Negara Teluk Putuskan Hubungan Diplomatik Dengan Qatar

RASILNEWS, QATAR – Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan Bahrain menyatakan memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar hari Senin, dengan tuduhan penguasa Qatar mendukung faksi-faksi teroris dan memicu konflik regional, Selasa (6/6).

Negara-negara tersebut megatakan akan memutus hubungan udara, laut dan darat dengan Qatar yang menjadi tuan rumah pangkalan depan komando Pusat Militer AS dan juga tempat Piala Dunia 2022. Demikian The Washington Post memberitakan yang dikutip MINA.

Sebagaimana diberitakan kantor berita lain, Uni Emirat Arab menunda layanan ke Qatar dengan tiga kapal induknya, Etihad Airways, Emirates dan FlyDubai, yang dimulai pada hari Selasa pagi . Hal ini menyebabkan lintas udara terganggu.

Namun Arab Saudi mengatakan, pihaknya mengambil tindakan tersebut untuk melindungi keamanan nasionalnya dari bahaya terorisme dan ekstremisme.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Qatar mengatakan, tindakan tersebut tidak memiliki dasar dan tidak dapat dibenarkan.

Pemutusan hubungan tersebut terjadi setelah beberapa minggu Presiden Trump bertemu dengan para pemimpin Arab dan Muslim di Arab Saudi dan menyerukan sebuah front terpadu mengenai ekstremisme dan pengaruh regional oleh saingannya Iran.

Saat Trump meninggalkan wilayah tersebut, timbul perseteruan yang luar biasa antara negara-negara Arab tersebut dengan Qatar.

Hal ini dianggap sebagai sebuah keberhasilan oleh pemerintah
Trump. Namun analis di Timur Tengah memandang hal tersebut justeru akan memperburuk perselisihan lokal yang pada akhirnya akan menghambat usaha AS membentuk koalisi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Presiden Jokowi Ajak Umat Islam Teladani Akhlaq Rasulullah

Jakarta, Rasilnews - Presiden Joko Widodo mengajak umat Islam untuk meneladani akhlak terbaik Rasulullah yang patut diteladani dan sangat relevan dalam...

Ketum GP Ansor : Islam Adalah Agama Rahmah Dan Kasih Sayang

Jakarta, Rasilnews - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor H Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, Islam adalah agama yang...

Prof Wiku : Perkembangan Penanganan Pandemi Covid-19 di Tingkat Kabupaten/Kota Meningkat Lebih Baik

Jakarta, Rasilnews - Perkembangan penanganan pandemi Covid-19 pada sebagian besar kabupaten/kota sejauh ini menunjukkan hasil yang baik.

Sebanyak 12.369 Personel Gabungan Amankan Aksi Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law Ciptaker

Jakarta, Rasilnews - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan sebanyak 12.369 personel gabungan TNI-Polri dan pemerintah daerah diterjunkan...

Recent Comments