Friday, October 23, 2020
Home Internasional ASISTEN MENLU AMERIKA TANGGAPI PERTEMUAN MENHAN INDONESIA DENGAN MENHAN CHINA

ASISTEN MENLU AMERIKA TANGGAPI PERTEMUAN MENHAN INDONESIA DENGAN MENHAN CHINA

JAKARTA, RASILNEWS – Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk Asia Timur dan Pasifik David R. Stilwell dalam telekonferensi menyampaikan bahwa Amerika menghargai sikap negara-negara Asia Tenggara untuk tidak berpihak dalam isu Laut China Selatan.

Asisten Menlu AS menyampaikan terkait pertemuan Menhan Indonesia Prabowo Subianto dan Menhan China Wang Fei yang akan memperkuat kerjasama pertahanan antar kedua negara.

“Biar bagaimana pun kami mendorong negara diizinkan untuk memilih kedaulatan mereka sendiri, dengan cara yang yang mereka anggap sesuai,” ujar Sitwell, Demikian Republika mengabarkan dikutip Rasilnews.

Namun Stilwell memperingatkan rekam jejak China baik di Laut Cina Selatan maupun dalam isu atau kawasan lain. “Cina memaksakan keberpihakan,” kata Stilwell.

Dalam kesempatan ini Stilwell menceritakan mengenai temannya dari Singapura yang ditanya apakah Singapura ‘pro-Beijing atau pro-Washington’? Teman Stilwell menjawab ‘saya pro-Singapura dan saya membuat keputusan untuk Pemerintah Singapura’.

“Dan pemerintah Indonesia akan membuat keputusan yang mendukung kepentingan kedaulatan, kehendak rakyat dan hal-hal lainnya,” kata Stilwell.  

Stilwell mengatakan bila kerja sama Indonesia-China membawa stabilitas di kawasan dan menghasilkan sesuatu yang positif bagi mitra-mitra ASEAN dan Indonesia, maka AS tidak akan keberatan. Tapi Stilwell menegaskan hingga saat ini rekam jejak Beijing tidak begitu baik.

“Kami dapat memberi Anda begitu banyak contoh di mana keputusan berdaulat tidak dihormati, Vietnam salah satu contoh yang bagus,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Ini Target Anthony Ginting dan Jonatan Christie di Asia Open

Jakarta, RasilNews - Dua tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie ditargetkan menembus final di Asia Open I dan II tahun...

Menangi Formula 1 GP Eifel, Lewis Hamilton Samai Rekor Legenda Hidup F1 Michael Schumacher

Nuerburg, RasilNews - Keberhasilan Lewis Hamilton memenangi Formula 1 GP Eifel 2020 semakin memiliki nilai plus. Hasil itu membuatnya menyamai rekor legenda...

Hasil Lengkap Liga Champions Eropa Matchday Pertama

Eropa, RasilNews - Liga Champions 2020/2021 telah dimulai, dan ada empat grup yang sudah memainkan matchday pertama terlebih dahulu dan sisa empat...

Peringati Hari Santri Saat Pandemi

JAKARTA, RASILNEWS - Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22...

Recent Comments