Wednesday, October 28, 2020
Home Mutiara Hikmah BEBERAPA TANDA KHAIRU UMMAH

BEBERAPA TANDA KHAIRU UMMAH

JAKARTA, RASILNEWS – khoiru ummah dalam bahasa arab berarti baik, sedangkan ummah adalah umat atau manusia. Jadi khoiru ummah dapat diartikan dengan sebaik-baik umat, firman Allah Ta’ala:

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ  ۗ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُم  ۚ مِّنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفٰسِقُونَ

“Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik.”
(QS. Ali ‘Imran 3: Ayat 110)

Yang dimaksud dengan khoiru ummah menurut ayat atas adalah generasi sahabat nabi, generasi yang dibangun oleh dakwah Rasulullah dan sahabat sampai pada tingkat keimanan yang sangat baik dari yang terbaik.

Dari ayat diatas pula dapat kita peroleh bahwa umat yang terbaik adalah mereka yang selalu menyeru kepada yang ma’ruf, mencegah dari munkar dan yang beriman kepada Allah. Dalam ayat tersebut mendahulukan amar ma’ruf nahi munkar baru kemudian beriman kepada Allah, itu memiliki arti keimanan dan ketaatan untuk Allah sejatinya dibangun oleh kemauan amar ma’ruf nahi munkar itu sendiri.

Begitu juga sebaliknya, kelemahan kita dalam dakwah amar ma’ruf nahi munkar menunjukkan kelemahan iman kita. Disinilah kadar keimanan kita dapat diukur yakni dengan kemauan dan kemampuan kita untuk berdakwah. Sabda Rasulullah:

Barang siapa yang melihat kemunkaran maka hendaklah ia mencegah dengan tangannya, jika tidak mampu lakukan dengan lisannya dan jika tak mampu juga lakukan dengan hatinya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah selemah-lemah iman (HR. Muslim).

Berdasarkan surah Ali-Imran: 110 ada tiga tanda khiru ummah yaitu:

  1. Menyuruh untuk yang ma’ruf
  2. Mencegah dari yang munkar dan
  3. Beriman kepada Allah.

Wallahu a’lam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Ahok Turut Berduka Atas Wafatnya Ust Fahrurozi Ishaq Karena Covid-19

Jakarta, Rasilnews - Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok turut menyampaikan dukacita atas meninggalnya Fahrurrozi Ishaq, yang dikenal sebagai 'Gubernur Tandingan'...

10 Ribu Jamaah Umrah Akan Kembali Padati Saudi Arabia Tiap Pekannya

JAKARTA, RASILNEwS - Setiap pekan sekitar 10 ribu jemaah umrah diperkirakan akan tiba di Arab Saudi mulai (1/11) mendatang. Dengan pernyataan...

California Evakuasi 100 Ribu Penduduk Akibat Kebakaran Hutan

JAKARTA, RASILNEWS - Pemerintah memerintahkan untuk evakuasi lebih dari 100 ribu penduduk akibat Kebakaran hutan yang terjadi dan bergerak cepat di...

Tebitkan Karikatur Nabi Muhammad SAW, Maroko Kecam Prancis

JAKARTA-RASILNEWS, Kementrian Luar Negri Maroko Pada Minggu Mengatakan bahwa berlanjutnya publikasi kartun yang menghina nabi merupakan aksi provokasi.

Recent Comments