Wednesday, October 28, 2020
Home Nasional BNPB: AKIBAT KARHUTLA, 919.516 ORANG TERKENA ISPA

BNPB: AKIBAT KARHUTLA, 919.516 ORANG TERKENA ISPA

Jakarta, Rasilnews – Karhutla yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia mengakibatkan korban jiwa. Menurut catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Agus Wibowo mengatakan pada Senin (23/9), sedikitnya 919.516 orang terkena infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

“Jumlah itu tersebar di enam provinsi, yaitu Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Totalnya 900 ribu orang, total penderita ISPA yang catatan Kemenkes. Ini catatan Kementerian Kesehatan, kemudian kita sajikan,” katanya di Jakarta.

Agus merinci, sebanyak 275.793 orang penderita ISPA berada di Riau, 63.554 orang di Jambi, 291.807 orang di Sumatera Selatan, 180.695 orang di Kalbar, 40.374 orang di Kalsel, dan 67.293 orang di Kalteng.

Agus menuturkan bahwa jumlah tersebut sangat mungkin untuk terus bertambah mengingat kepekatan asap juga semakin bertambah. BNPB masih menunggu pembaharuan data resmi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Hingga awal pekan ini, BNPB bersama lembaga-lembaga terkait terus berupaya memadamkan titik-titik api yang terpantau di sejumlah wilayah, khususnya di beberapa provinsi di Sumatera dan Kalimantan.

Dari catatan mutakhir BNPB, sudah seluas 328.734 hektare lahan yang terbakar di Sumatera dan Kalimantan, ada 3.124 titik api. Operasi pemadaman mengerahkan 48 helikopter untuk menurunkan 287 juta liter water bomb dan menggelar patroli di wilayah rawan karhutla.

BNPB melakukan pemantauan dan pelaporan setiap hari terkait kondisi termutakhir karhutla. Adapun, BNPB memantau titik panas, jarak pandang, kualitas udara, dan keberadaan asap setiap hari. Membuat pelaporan dan briefing setiap hari kepada instansi terkait serta personel di lapangan.

Sumber: MINANEWS.NET

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Ahok Turut Berduka Atas Wafatnya Ust Fahrurozi Ishaq Karena Covid-19

Jakarta, Rasilnews - Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok turut menyampaikan dukacita atas meninggalnya Fahrurrozi Ishaq, yang dikenal sebagai 'Gubernur Tandingan'...

10 Ribu Jamaah Umrah Akan Kembali Padati Saudi Arabia Tiap Pekannya

JAKARTA, RASILNEwS - Setiap pekan sekitar 10 ribu jemaah umrah diperkirakan akan tiba di Arab Saudi mulai (1/11) mendatang. Dengan pernyataan...

California Evakuasi 100 Ribu Penduduk Akibat Kebakaran Hutan

JAKARTA, RASILNEWS - Pemerintah memerintahkan untuk evakuasi lebih dari 100 ribu penduduk akibat Kebakaran hutan yang terjadi dan bergerak cepat di...

Tebitkan Karikatur Nabi Muhammad SAW, Maroko Kecam Prancis

JAKARTA-RASILNEWS, Kementrian Luar Negri Maroko Pada Minggu Mengatakan bahwa berlanjutnya publikasi kartun yang menghina nabi merupakan aksi provokasi.

Recent Comments