Friday, November 27, 2020
Home DKI Jakarta Demo 20 Oktober Di Jakarta Akibatkan 171 Pelajar Terlibat Ditangkap

Demo 20 Oktober Di Jakarta Akibatkan 171 Pelajar Terlibat Ditangkap

JAKARTA, RASILNEWS – Demo 20 Oktober dijakarta Mengakibatkan 171 Pelajar yang terlibat Aksi demonstrasi tolak UU Cipta Kerja Ditangkap oleh Polda Metro Jaya pada Selasa (20/10) di kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat. Menurut Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) 

“Sebanyak 171 pelajar diamankan oleh Polda Metro Jaya dan anak-anak sedang mengalami proses pendataan yang akan diupdate hasilnya nanti,” ungkap Komisioner KPAI Jasra Putra melalui keterangan tertulis, Rabu (21/10).

Menurut Jasra, penahanan harus diupayakan sebagai langkah terakhir dalam penanganan hukum anak. Dan Polda Metro Jaya Harus mematuhi UU Perlindungan Anak dan UU Sistem Peradilan Pidana Anak dalam proses identifikasi maupun penanganan hukum lanjut bagi mereka yang diduga bersalah. Aparat diminta memprioritaskan pemulangan anak kepada orang tuanya.

“Orang tua yang merasa kehilangan anaknya dan belum pulang ke rumah, diduga mengikuti aksi demonstrasi hari ini diminta mendatangi Polda Metro Jaya untuk mencari informasi kemungkinan anak diamankan saat aksi di Jakarta,” lanjutnya.

Berdasarkan pantauan KPAI, demonstrasi yang berpusat di Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat yang melibatkan banyak golongan pelajar di bawah umur. Banyak massa pelajar yang dikatakan tidak mengindahkan protokol kesehatan selama demo.

“Masih banyak anak-anak tidak mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, serta merokok,” katanya.

Jasra khawatir kondisi seperti ini membuat anak rentan terpapar Covid-19, lalu menularkan kepada keluarga di rumah. Apalagi, penyebaran virus di Jakarta masih tergolong sangat tinggi.

Sebelumnya elemen buruh dan mahasiswa kembali menggelar demonstrasi guna mendesak Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu untuk membatalkan UU Cipta Kerja. Demo kali ini tergolong lebih terkendali ketimbang aksi sebelumnya pada 8 Oktober lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Tausyiah Rasil : Tiga Peristiwa yang Dialami Manusia

Oleh : Ustaz Abul Hidayat Saerodji 1. Peristiwa kelahiran Setiap orang yang ada...

Viral, Tentara Azerbaijan Bantu Penduduk Armenia Tinggalkan Wilayah Yang Di Duduki

Azerbaijan, Rasilnews - Tentara Azerbaijan membantu orang-orang Armenia yang secara ilegal dimukimkan kembali di daerah pendudukan untuk meninggalkan wilayah itu, seperti...

KPK Tetapkan 5 Tersangka Korupsi Izin Ekspor Benih Lobster, 2 Masih Buron

Jakarta, Rasilnews - Dalam konferensi pers di KPK, Rabu (25/11/2020) malam, Nawawi Pomolango Wakil Ketua KPK RI mengatakan bahwa dua dari tujuh tersangka...

Pesawat Tempur Israel Serang Suriah

Suriah, Rasilnews - Militer Suriah mengklaim bahwa pesawat tempur Israel melakukan serangan udara ke selatan Ibu kota pada Selasa (24/11) malam....

Recent Comments