Saturday, November 28, 2020
Home Nasional DOODLE GOOGLE TAMPILKAN SENIMAN SERBA BISA ALM. H. BENYAMIN SUEB

DOODLE GOOGLE TAMPILKAN SENIMAN SERBA BISA ALM. H. BENYAMIN SUEB

JAKARTA, RASILNEWS – Hari ini, selasa (22/09/20), mesin pencari Google menampilkan seniman Betawi serba bisa H. Benyamin Sueb yang akrab di sapa Bang Ben. Dalam tampilannya di Google, Bang Ben dihiasi dengan Pita Film, Kompor Mleduk, alat music Tanjidor dan kesenian khas Betawi Ondel Ondel.

H. Benyamin Sueb ( lahir di Batavia5 Maret 1939 – meninggal di Jakarta5 September 1995 pada umur 56 tahun )  adalah pemeranpelawaksutradara dan penyanyi Indonesia. Benyamin menghasilkan lebih dari 75 album musik dan 53 judul film.

Masa kecil benyamin Sueb, diwarnai pahit getirnya kehidupan. Bungsu delapan bersaudara pasangan Suaeb-Aisyah kehilangan bapaknya sejak umur dua tahun. Karena kondisi ekonomi keluarga yang tak menentu, si kocak Ben sejak umur tiga tahun diijinkan ngamen keliling kampung dan hasilnya buat biaya sekolah kakak-kakaknya. Benyamin sering mengamen ke tetangga menyanyikan lagu Sunda Ujang-Ujang Nur sambil bergoyang badan. Orang yang melihat aksinya menjadi tertawa lalu memberikannya recehan 5 sen dan sepotong kue sebagai imbalan.

Benyamin Sueb pada usia 6 tahun telah membentuk kelompok music yang diberi nama Kaleng Rombeng, yang kemudian menjadi cikal bakal kiprahnya di dunia seni. Benyamin bersama saudara-saudaranya membuat alat-alat musik dari barang bekas. Rebab dari kotak obat, stem basnya dari kaleng drum minyak besi, keroncongnya dari kaleng biskuit. Dengan alat musik itu mereka sering membawakan lagu-lagu Belanda tempo dulu.

Bakat seninya tak lepas dari pengaruh sang kakek, dua engkong Benyamin yaitu Saiti, peniup klarinet dan Haji Ung pemain Dulmuluk, sebuah teater rakyat – menurunkan darah seni itu dan Haji Ung alias Jiung yang juga pemain teater rakyat pada zaman kolonial Belanda.

Beranjak dewasa, bang Ben sebenarnya tidak memiliki cita cita ingin menjadi apa. Dirinya pernah menjadi pedagang roti dorong. Lalu pada tahun1959, bekerja sebagai kondektur bis PPD dengan trayek Lapangan Banteng – Pasar Rumput.

Dalam dunia musik, Bang Ben, begitu ia kerap disapa, adalah seorang seniman yang berjasa dalam mengembangkan seni tradisional Betawi, khususnya kesenian Gambang Kromong. Lewat kesenian itu pula nama Benyamin semakin popular.  Sementara itu, Pada hari ini dua tahun lalu, tepatnya pada 22 September 2018, Jakarta meresmikan Taman Benyamin Sueb, sebuah pusat budaya yang didedikasikan untuk menjunjung tinggi warisan budaya Betawi yang menjadi dedikasi Benyamin semasa hidupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Tausyiah Rasil : Tiga Peristiwa yang Dialami Manusia

Oleh : Ustaz Abul Hidayat Saerodji 1. Peristiwa kelahiran Setiap orang yang ada...

Viral, Tentara Azerbaijan Bantu Penduduk Armenia Tinggalkan Wilayah Yang Di Duduki

Azerbaijan, Rasilnews - Tentara Azerbaijan membantu orang-orang Armenia yang secara ilegal dimukimkan kembali di daerah pendudukan untuk meninggalkan wilayah itu, seperti...

KPK Tetapkan 5 Tersangka Korupsi Izin Ekspor Benih Lobster, 2 Masih Buron

Jakarta, Rasilnews - Dalam konferensi pers di KPK, Rabu (25/11/2020) malam, Nawawi Pomolango Wakil Ketua KPK RI mengatakan bahwa dua dari tujuh tersangka...

Pesawat Tempur Israel Serang Suriah

Suriah, Rasilnews - Militer Suriah mengklaim bahwa pesawat tempur Israel melakukan serangan udara ke selatan Ibu kota pada Selasa (24/11) malam....

Recent Comments