Sunday, November 1, 2020
Home Dunia Islam GUS SHOLAH : HANYA 23 PERSEN SAJA MUSLIM INDONESIA YANG BISA BACA...

GUS SHOLAH : HANYA 23 PERSEN SAJA MUSLIM INDONESIA YANG BISA BACA ALQURAN

Jombang, Rasilnews – Dihadapan wisudawan Tahasus dan Alquran Binnadhar Pesantren Tebuireng putra, Sholahudin Wahid yang juga akrab disapa Gus Sholah ini mengatakan bahwa dari banyaknya jumalh kaum muslim di Indonesia, hanya 23 persen saja yang bisa baca ALQuran, baik anak kecil, orang dewasa, dan lanjut usia.

“Kita mengakui bahwa membaca Al Quran itu sangat penting bagi kita dan lebih baik lagi memahami makna dan tafsirnya. Jumlah muslim di Indonesia yang bisa membaca Al Quran itu tidak besar. Ternyata, hanya mencapai sekitar 23% saja yang bisa membaca Al Qur’an baik anak kecil, orang dewasa, dan lanjut usia. Jadi kalau ada 10 orang, paling banyak 3 orang yang bisa baca Al Quran, ini kecil sekali. Jumlah Al Quran yang ada di Indonesia juga sedikit, saya pikir setahun paling banyak 2 juta. Buku yang paling banyak di cetak di Indonesia ya Al Quran,” tambah beliau memaparkan.

Seperti dikutip tebuireng.online, Gus Sholah mengatakan bahwa jumlah umat Islam di negeri ini sekitar 200 juta. Namun, Gus Sholah berpesan kepada orang tua agar berusaha terus supaya anak-anak bisa membaca Al Quran dengan baik. Tetapi terlebih yang penting adalah menjalankan apa yang tertulis di dalam Al Quran. “Hadratussyaikh KH. Hasyim Asyari selalu menyampaikan kepada santri-santrinya, santri yang baik adalah santri yang bisa menjalankan apa yang dia pelajari di pesantren ketika dia pulang ke rumahnya,” ucap beliau.

Gus Sholah berpesan, dimanapun santri berada baik di universitas atau yang lain, menurut beliau, harus bisa mengamalkan apa yang ia peroleh dari pesantren. Tentunya, dengan tidak melupakan perilaku yang baik, akhlak yang baik sebagaimana alasan Nabi Muhammad SAW. di utus ke dunia. Selain itu, juga bermanfaat bagi orang lain. “Jadi inti dari pelajaran agama sebetulnya itu, menjadi orang baik dan bermanfaat”, beliau menambahkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Presiden Jokowi Ajak Umat Islam Teladani Akhlaq Rasulullah

Jakarta, Rasilnews - Presiden Joko Widodo mengajak umat Islam untuk meneladani akhlak terbaik Rasulullah yang patut diteladani dan sangat relevan dalam...

Ketum GP Ansor : Islam Adalah Agama Rahmah Dan Kasih Sayang

Jakarta, Rasilnews - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor H Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, Islam adalah agama yang...

Prof Wiku : Perkembangan Penanganan Pandemi Covid-19 di Tingkat Kabupaten/Kota Meningkat Lebih Baik

Jakarta, Rasilnews - Perkembangan penanganan pandemi Covid-19 pada sebagian besar kabupaten/kota sejauh ini menunjukkan hasil yang baik.

Sebanyak 12.369 Personel Gabungan Amankan Aksi Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law Ciptaker

Jakarta, Rasilnews - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan sebanyak 12.369 personel gabungan TNI-Polri dan pemerintah daerah diterjunkan...

Recent Comments