Thursday, October 29, 2020
Home Palestina HAMAS DAN FATAH ADAKAN PERTEMUAN DI TURKI UNTUK BICARAKAN REKONSILIASI

HAMAS DAN FATAH ADAKAN PERTEMUAN DI TURKI UNTUK BICARAKAN REKONSILIASI

PALESTINA, RASILNEWS — Perwakilan dari kelompok pejuang Palestina Hamas dan Fatah akan bertemu di Turki guna membicarakan tentang percepatan rekonsiliasi antar-Palestina.

Dikutip dari Anadolu Agency pada Selasa (22/9), Tokoh utama Hamas Khalil Al-Hayya mengatakan pembicaraan tersebut bertujuan untuk melaksanakan hasil pertemuan sebelumnya antara sekretaris jenderal dari dua faksi yang berlangsung di Ramallah dan Beirut awal bulan ini.

Dalam sebuah pernyataannya, “Hamas ingin mencapai persatuan nasional dengan harapan mencapai strategi nasional yang komprehensif untuk menghadapi tantangan dan plot yang menargetkan perjuangan Palestina,”

Dalam pertemuan 3 September lalu, Hamas dan Fatah menyepakati sejumlah permasalahan termasuk memulihkan keretakan mereka dan menegakkan prinsip transfer kekuasaan secara damai melalui pemilihan berdasarkan perwakilan proporsional.

Juru bicara Fatah Mounir Al-Jaghoub sebelumnya men-tweet bahwa delegasi kelompoknya akan bertemu dengan perwakilan Hamas untuk membahas pengakhiran divisi Palestina dan penerapan hasil pertemuan 3 September.

Pada hari Senin, Presiden Palestina Mahmoud Abbas melakukan panggilan telepon dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di mana dia meminta bantuan Erdogan dalam pembicaraan yang sedang berlangsung untuk menyembuhkan keretakan antar-Palestina, menurut kantor berita resmi Wafa.

Pembicaraan Selasa terjadi beberapa hari setelah Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain menandatangani perjanjian yang ditengahi AS untuk menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Sebanyak 12.369 Personel Gabungan Amankan Aksi Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law Ciptaker

Jakarta, Rasilnews - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan sebanyak 12.369 personel gabungan TNI-Polri dan pemerintah daerah diterjunkan...

Aqsa Working Group Ikut Serta Dukung Aksi Global Aksi Mogok Makan Untuk Pembebasan Tahanan Palestina

Jakarta, Rasilnews - Al-Aqsa Working Group (AWG) menyatakan ikut serta untuk mendukung aksi global mendukung aksi mogok makan yang dilakukan oleh...

Satgas Ingatkan Pemda Agar Tak Lengah Sikapi Zonasi

JAKARTA, RASILNEWS - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito ingatkan Pemda soal zonasi karena peningkatan zona oranye. Melihat peta...

MUI desak Presiden Perancis Meminta Maaf Kepada Umat Islam

Jakarta, Rasilnews - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas meminta Presiden Prancis Emmanuel Macron minta maaf kepada umat...

Recent Comments