Tuesday, October 27, 2020
Home Internasional INDIA DAN CHINA SEPAKAT DAMAI ATASI SENGKETA PERBATASAN DI HIMALAYA

INDIA DAN CHINA SEPAKAT DAMAI ATASI SENGKETA PERBATASAN DI HIMALAYA

JAKARTA, RASILNEWS — India dan China sepakat menyelesaikan perselisihan perbatasan antara kedua negara di wilayah Himalaya secara damai, Senin (8/6).

Kementerian Luar Negeri India menuturkan panglima militer kedua negara telah bertemu untuk meredam ketegangan di perbatasan.

“Pertemuan itu berlangsung dalam suasana yang ramah dan positif dan kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan situasi di daerah perbatasan secara damai,” bunyi pernyataan Kemlu India.

Ketegangan antara militer kedua negara sempat memanas di perbatasan, terutama setelah India menyebut pasukan China melakukan pergerakan yang cukup signifikan di perbatasan dekat Himalaya. Wilayah itu selama ini masih menjadi sengketa antara kedua negara.

Pekan lalu, Menteri Pertahanan India Rajnath Sigh mengatakan “sebagian besar” pasukan China telah bergerak ke Garis Kontrol Aktual (LAC) antara India dan China di wilayah itu.

“Memang benar bahwa orang-orang China berada di perbatasan. Mereka mengklaim itu adalah wilayah mereka. Klaim kami adalah itu wilayah kami. Ada ketidaksepakatan tentang itu. India telah melakukan apa yang perlu dilakukan,” ucap Singh.

Di wilayah dekat Himalaya, India dan China berbagi wilayah perbatasan darat terpanjang di dunia. Pada 1962, kedua negara terlibat perang di perbatasan Himalaya karena saling mengklaim wilayah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Ahok Turut Berduka Atas Wafatnya Ust Fahrurozi Ishaq Karena Covid-19

Jakarta, Rasilnews - Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok turut menyampaikan dukacita atas meninggalnya Fahrurrozi Ishaq, yang dikenal sebagai 'Gubernur Tandingan'...

10 Ribu Jamaah Umrah Akan Kembali Padati Saudi Arabia Tiap Pekannya

JAKARTA, RASILNEwS - Setiap pekan sekitar 10 ribu jemaah umrah diperkirakan akan tiba di Arab Saudi mulai (1/11) mendatang. Dengan pernyataan...

California Evakuasi 100 Ribu Penduduk Akibat Kebakaran Hutan

JAKARTA, RASILNEWS - Pemerintah memerintahkan untuk evakuasi lebih dari 100 ribu penduduk akibat Kebakaran hutan yang terjadi dan bergerak cepat di...

Tebitkan Karikatur Nabi Muhammad SAW, Maroko Kecam Prancis

JAKARTA-RASILNEWS, Kementrian Luar Negri Maroko Pada Minggu Mengatakan bahwa berlanjutnya publikasi kartun yang menghina nabi merupakan aksi provokasi.

Recent Comments