Wednesday, October 28, 2020
Home Internasional Indonesia Komentari Keputusan Trump Tarik AS dari Perjanjian Paris

Indonesia Komentari Keputusan Trump Tarik AS dari Perjanjian Paris

RASILNEWS, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menarik diri dari kesepakatan Paris mengenai komitmen seluruh negara untuk menanggulangi perubahan iklim. Pemerintah Indonesia melalui kementerian luar negeri (Kemlu) menyebut keputusan Trump tersebut tidak sejalan dengan komitmen komunitas internasional itu.

“Keputusan AS tersebut tidak sejalan dengan komitmen internasional dalam upaya adaptasi terhadap dampak negatif perubahan iklim yang dirasakan bersama seluruh dunia,” ujar Jubir Kemlu Armanatha Nasir dalam jumpa pers dengan wartawan di Jakarta, Jumat (2/6).

Menurut pria yang akrab dipanggil Tata tersebut, Indonesia meyakini perubahan iklim adalah tantangan global yang butuh kerjasama seluruh pihak baik negara maju maupun berkembang, tak terkecuali AS yang merupakan negara penyumbang emisi karbon global terbesar kedua setelah Cina.

“Sesuai dengan prinsip yang disepakati bersama. Indonesia tentu akan terus berkomitmen jadi bagian dari solusi untuk mengatasi perubahan iklim,” tambahnya.

Para pemimpin dunia mengecam keputusan Trump itu, bahkan Perancis, Jerman dan Italia mengeluarkan pernyataan bersama yang menolak perundingan ulang terhadap kesepakatan tersebut, seperti yang diinginkan Trump.

Trump berdalih kesepakatan Paris 2015 tersebut malah akan merugikan, dan memiskinkan negaranya. Oleh karenanya, dia meminta perundingan itu diulang kembali.

Presiden terpilih Perancis menyebut AS hanya ingin memperdulikan negaranya sendiri. “Amerika Serikat sudah tidak peduli lagi dengan dunia ini,” ujar Macron dalam pernyataan tersebut.

Ungkapan kekecewaan juga muncul dari negara seperti Kanada, Inggris, Swedia, Finlandia, Denmark, Norwegia, serta Islandia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Sebanyak 12.369 Personel Gabungan Amankan Aksi Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law Ciptaker

Jakarta, Rasilnews - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan sebanyak 12.369 personel gabungan TNI-Polri dan pemerintah daerah diterjunkan...

Aqsa Working Group Ikut Serta Dukung Aksi Global Aksi Mogok Makan Untuk Pembebasan Tahanan Palestina

Jakarta, Rasilnews - Al-Aqsa Working Group (AWG) menyatakan ikut serta untuk mendukung aksi global mendukung aksi mogok makan yang dilakukan oleh...

Satgas Ingatkan Pemda Agar Tak Lengah Sikapi Zonasi

JAKARTA, RASILNEWS - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito ingatkan Pemda soal zonasi karena peningkatan zona oranye. Melihat peta...

MUI desak Presiden Perancis Meminta Maaf Kepada Umat Islam

Jakarta, Rasilnews - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas meminta Presiden Prancis Emmanuel Macron minta maaf kepada umat...

Recent Comments