Friday, November 27, 2020
Home Internasional ISLAMPHOBIA DI KANADA MENINGKAT 60 PERSEN

ISLAMPHOBIA DI KANADA MENINGKAT 60 PERSEN

RASILNEWS, JAKARTA – Kejahatan kebencian terhadap Muslim telah meningkat 60% di Kanada, menurut data terbaru yang dirilis Selasa (13/6) oleh lembaga Statistik Canada.

Terdapat 159 insiden pada tahun 2015, sebuah lompatan signifikan dari 99 pada tahun sebelumnya, kata lembaga tersebut di situsnya seperti dimuat Anadolu Agency.

Angka tersebut terus meningkat dan meningkat 253% sejak 2012, meskipun kasus kejahatan kebencian yang direkam polisi turun 3,8% pada tahun 2015 menjadi 1.362 dari 1.424 kasus di tahun 2012.

Khalid Elgazzar, Wakil Ketua Dewan Nasional Muslim Kanada dan seorang pengacara yang berbasis di Ottawa, menyebut 2015 sebagai ‘tahun yang sulit’.

Dua serangan teroris di Perancis semakin menyulut api anti-Muslim di Kanada. Sementara mantan Perdana Menteri Stephen Harper pada 2015 melempar isu kampanye kontroversial akan melarang wanita Muslim mengenakan jilbab pada upacara kewarganegaraan.

“Komunitas Muslim Kanada menanggung beban retorika politik yang mengerikan seputar pemilihan federal yang menggambarkan Muslim sebagai teroris atau simpatisan teroris dan juga antiwanita,” kata Elgazzar dalam sebuah konferensi pers di Ottawa.

Tapi jumlah kejahatan kebencian terhadap Muslim mungkin lebih tinggi.

“Jumlah kejahatan kebencian dalam rilis ini mungkin tidak menggambarkan tingkat kejahatan kebencian yang sebenarnya di Kanada, karena tidak semua kejahatan dilaporkan ke polisi,” kata lembaga Statistics Canada seperti dikutip MINA, Rabu (14/6), dari Anadolu Agency.

Eglazzar mengatakan insiden-insiden tak sedikit yang tidak dilaporkan karena beberapa orang Muslim tidak percaya bahwa polisi akan bertindak dan mereka takut menjadi korban lagi.

Tapi umat Islam bukan satu-satunya target, atau bahkan target terbesar sekalipun.

Statistics Canada menunjukkan jumlah kejahatan kebencian terbesar menimpa orang kulit hitam, dengan 224 insiden pada tahun 2015. Orang-orang Yahudi menempati posisi berikutnya dengan 178 insiden yang dilaporkan, dan kejahatan kebencian orientasi seksual di angka 141 orang.

Kalangan lain yang menjadi target termasuk anggota berbagai agama.

Tapi kejahatan kebencian terhadap Muslim adalah satu-satunya yang menunjukkan peningkatan pada tahun 2015.

Dan jumlah insiden kekerasan yang termasuk dalam kejahatan kebencian – penyerangan, ancaman dan pelecehan kriminal – juga meningkat, pada 38%, meningkat 15% dibandingkan tahun sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Tausyiah Rasil : Tiga Peristiwa yang Dialami Manusia

Oleh : Ustaz Abul Hidayat Saerodji 1. Peristiwa kelahiran Setiap orang yang ada...

Viral, Tentara Azerbaijan Bantu Penduduk Armenia Tinggalkan Wilayah Yang Di Duduki

Azerbaijan, Rasilnews - Tentara Azerbaijan membantu orang-orang Armenia yang secara ilegal dimukimkan kembali di daerah pendudukan untuk meninggalkan wilayah itu, seperti...

KPK Tetapkan 5 Tersangka Korupsi Izin Ekspor Benih Lobster, 2 Masih Buron

Jakarta, Rasilnews - Dalam konferensi pers di KPK, Rabu (25/11/2020) malam, Nawawi Pomolango Wakil Ketua KPK RI mengatakan bahwa dua dari tujuh tersangka...

Pesawat Tempur Israel Serang Suriah

Suriah, Rasilnews - Militer Suriah mengklaim bahwa pesawat tempur Israel melakukan serangan udara ke selatan Ibu kota pada Selasa (24/11) malam....

Recent Comments