Wednesday, October 28, 2020
Home Nasional JAGA KESEHATAN LINGKUNGAN CEGAH DBD

JAGA KESEHATAN LINGKUNGAN CEGAH DBD

JAKARTA, RASILNEWS — Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Daeng M Faqih mengatakankesehatan lingkungan perlu dijaga dalam usaha menekan deman berdarah dengue (DBD) yang setiap tahun muncul di Indonesia.

“Memang ini penyakit endemis artinya tetap ada tapi pada musim-musim tertentu muncul penyakitnya. Memang agak susah untuk eradikasi penyakit endemis. Bisa dilakukan eradikasi tapi dalam jangka waktu yang sangat lama,” kata Daeng, Senin (9/3)

Menurut Daeng, meski pengentasan sampai akhir DBDmasih belum bisa dilakukan dalam waktu dekat tapi upaya-upaya lain harus dilakukan untuk melawan penyakit yang disebarkan lewat gigitan nyamuk aedes aegypti itu seperti menggalakkan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan menjaga kesehatan lingkungantempat tinggal warga, terutama di daerah yang sudah mencatat kasus DBD.

“Persoalannya DBD tidak ada vaksinnya, jadi tidak ada pencegahan spesifik. Sehingga memang perlu jika mau eradikasi perlu betul-betul kesehatan lingkungandan penyuluhan perilaku warga. Tapi itu tidak mudah,” kata nya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan mencatat terdapat 14.716 kasus DBD di seluruh Indonesia dengan 94 korban jiwa dalam periode Januari 2020 sampai Kamis, 5 Maret 2020. Kebanyakan kasus terdapat di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sendiri pada hari ini mengatakan Kemenkes mencatat 2.116 kasusDBD di NTT dengan 31 korban jiwa, kebanyakan terjadi di Kabupaten Sikka yang mencatat 13 orang meninggal dunia akibat DBD.

Pemerintah Kabupaten Sikka sendiri sudah menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) untuk DBD pada Januari 2020 yang diperpanjang hingga saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Ahok Turut Berduka Atas Wafatnya Ust Fahrurozi Ishaq Karena Covid-19

Jakarta, Rasilnews - Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok turut menyampaikan dukacita atas meninggalnya Fahrurrozi Ishaq, yang dikenal sebagai 'Gubernur Tandingan'...

10 Ribu Jamaah Umrah Akan Kembali Padati Saudi Arabia Tiap Pekannya

JAKARTA, RASILNEwS - Setiap pekan sekitar 10 ribu jemaah umrah diperkirakan akan tiba di Arab Saudi mulai (1/11) mendatang. Dengan pernyataan...

California Evakuasi 100 Ribu Penduduk Akibat Kebakaran Hutan

JAKARTA, RASILNEWS - Pemerintah memerintahkan untuk evakuasi lebih dari 100 ribu penduduk akibat Kebakaran hutan yang terjadi dan bergerak cepat di...

Tebitkan Karikatur Nabi Muhammad SAW, Maroko Kecam Prancis

JAKARTA-RASILNEWS, Kementrian Luar Negri Maroko Pada Minggu Mengatakan bahwa berlanjutnya publikasi kartun yang menghina nabi merupakan aksi provokasi.

Recent Comments