Thursday, October 29, 2020
Home DKI Jakarta KAMPANYE KEMENKES AJAK MASYARAKAT DISIPLIN PAKAI MASKER

KAMPANYE KEMENKES AJAK MASYARAKAT DISIPLIN PAKAI MASKER

JAKARTA, RASILNEWS — Kementerian Kesehatan menggelar Kampanye Pakai Masker di Gelora Bung Karno pada Minggu (30/8) untuk mengingatkan masyarakat agar berdisiplin menerapkan protokol kesehatan yang paling mendasar yaitu memakai masker.

Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi mengatakan, kampanye berjalan mulai 10 Agustus sampai 6 September. Ia menjelaskan upaya untuk mencegah penularan Covid-19 adalah dengan menerapkan perilaku sehat, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak.

“Penularan Covid-19 umumnya melalui droplet atau cairan tubuh yang keluar dari hidung atau mulut seseorang yang telah terinfeksi pada saat batuk ataupun bersin, di mana droplet tersebut terhirup atau menempel pada suatu benda permukaan atau tangan,” kata Oscar dalam rilis tertulis

Oscar juga mengatakan, pemakaian masker menjadi sangat penting terutama ketika berada di kerumunan atau berdekatan dengan orang lain di tempat umum seperti di pasar, stasiun serta ditransportasi umum.

Dilansir dari CNN Indonesia, setelah Kampanye Pakai Masker dan Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun akan digelar lanjutan pada 7 September-6 Oktober, sementara Kampanye Jaga Jarak dijadwalkan pada 7 Oktober-6 November. Pesan yang sama bakal terus dilakukan hingga akhir tahun. Kampanye juga dilakukan oleh Dinas Kesehatan provinsi, UPT Kemenkes, serta Poltekkes di seluruh Indonesia.

Sejak tanggal 25 sampai 30 Agustus, Oscar menyebut pihaknya telah membagikan 1 juta masker di sejumlah lokasi.

“Hari ini berjumlah lebih dari 40 ribu masker dari Kementerian Kesehatan dan Kemenko Perekonomian dibagikan ke peserta yang ada di GBK serta masyarakat yang ada di sekitar GBK,” kata Oscar.

Selain Kementerian Kesehatan, kampanye juga dihadiri oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 yang merupakan bagian dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Diharapkan kampanye ini ke depannya dapat mempererat kerja sama dengan kementerian, lembaga, BUMN, swasta, organisasi masyarakat, organisasi pendidikan dan unsur masyarakat lainnya sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang paham dan bisa berperilaku sehat mencegah Covid-19,” ungkap Oscar.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa masyarakat Indonesia kini diharuskan beradaptasi dengan tatanan hidup baru. Situasi pandemi sendiri diprediksi akan berlangsung lama terlebih jika masyarakat tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Cepat atau lambatnya persebaran virus ditentukan oleh kemauan masyarakat untuk mematuhi dan menegakkan disiplin menjalankan protokol kesehatan,” kata Oscar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Sebanyak 12.369 Personel Gabungan Amankan Aksi Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law Ciptaker

Jakarta, Rasilnews - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan sebanyak 12.369 personel gabungan TNI-Polri dan pemerintah daerah diterjunkan...

Aqsa Working Group Ikut Serta Dukung Aksi Global Aksi Mogok Makan Untuk Pembebasan Tahanan Palestina

Jakarta, Rasilnews - Al-Aqsa Working Group (AWG) menyatakan ikut serta untuk mendukung aksi global mendukung aksi mogok makan yang dilakukan oleh...

Satgas Ingatkan Pemda Agar Tak Lengah Sikapi Zonasi

JAKARTA, RASILNEWS - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito ingatkan Pemda soal zonasi karena peningkatan zona oranye. Melihat peta...

MUI desak Presiden Perancis Meminta Maaf Kepada Umat Islam

Jakarta, Rasilnews - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas meminta Presiden Prancis Emmanuel Macron minta maaf kepada umat...

Recent Comments