Friday, November 27, 2020
Home Nasional KETUM PBNU SAID AQIL SIRAJ MEMINTA PEMERINTAH TUNDA PILKADA 2020 KARENA COVID-19

KETUM PBNU SAID AQIL SIRAJ MEMINTA PEMERINTAH TUNDA PILKADA 2020 KARENA COVID-19

JAKARTA, RASILNEWS – Dalam pembukaan Konferensi Besar NU secara daring, Ketum PBNU Said Aqil Siraj mengatakan bahwa keselamatan jiwa, keselamatan masyarakat adalah perintah agama dan mandat Undang-Undang dasar yang harus diutamakan dari apa pun. Karenanya, Pilkada 2020 bisa ditunda demi kemaslahatan.

Namun demikian, desakan Pilkada agar ditunda untuk sementara bukan berarti Nahdatul Ulama menghambat agenda demokrasi, akan tetapi ini adalah bagian dari tanggung jawab menyelamatkan umat manusia dari Covid-19.

“Mari jadikan kemanusiaan sebagai komandan kebijakan kita, bukan kepentingan politik,” ujar dia.

Ketum PBNU KH. Said Aqil Siraj menegaskan bahwa dalam Musyawarah Nasional Alim Ulama NU di Pondok Pesantren Kempek, Cirebon sejak 2012 lalu, menghasilkan rekomendasi agar Pilkada langsung dapat ditinjau kembali, karena banyak mudharatnya daripada manfaatnya.

Apalagi, said Aqil Siraj menilai bahwa Pilkada langsunghanya diatur dalam perundang-undangan bukan amanat konstitusi.

Sementara itu, hingga saat ini dorongan agar Pilkada langsung 2020 ditunda terus diserukan semua pihah, mulai dari Ormas Islam hingga para Aktivis dan Tokoh Politik.

Diantara Ormas Islam yang menyerukan penundaan Pilkada 2020 adalah NU dan Muhammadiyah.

Apalagi beberapa waktu lalu, Bawaslu mencatat ada 316 bakal pasangan calon dari 243 daerah melanggar protokol kesehatan dalam tahapan pendaftaran beberapa waktu lalu.

Walau desakan agar Pilkada 2020 ditunda sementara waktu, Mendagri Tito Karnavian, DPR, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), telah menyepakati Pilkada Serentak akan tetap digelar 9 Desember mendatang.

Presiden Joko Widodo, melalui juru bicara Fadjroel Rachman juga telah menegaskan pilkada akan tetap digelar karena tidak ada yang mengetahui kapan pandemi covid-19 akan berakhir. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Tausyiah Rasil : Tiga Peristiwa yang Dialami Manusia

Oleh : Ustaz Abul Hidayat Saerodji 1. Peristiwa kelahiran Setiap orang yang ada...

Viral, Tentara Azerbaijan Bantu Penduduk Armenia Tinggalkan Wilayah Yang Di Duduki

Azerbaijan, Rasilnews - Tentara Azerbaijan membantu orang-orang Armenia yang secara ilegal dimukimkan kembali di daerah pendudukan untuk meninggalkan wilayah itu, seperti...

KPK Tetapkan 5 Tersangka Korupsi Izin Ekspor Benih Lobster, 2 Masih Buron

Jakarta, Rasilnews - Dalam konferensi pers di KPK, Rabu (25/11/2020) malam, Nawawi Pomolango Wakil Ketua KPK RI mengatakan bahwa dua dari tujuh tersangka...

Pesawat Tempur Israel Serang Suriah

Suriah, Rasilnews - Militer Suriah mengklaim bahwa pesawat tempur Israel melakukan serangan udara ke selatan Ibu kota pada Selasa (24/11) malam....

Recent Comments