Thursday, October 29, 2020
Home Kesehatan KHASIAT KURMA BAGI KESEHATAN YANG JARANG DIKETAHUI

KHASIAT KURMA BAGI KESEHATAN YANG JARANG DIKETAHUI

JAKARTA, RASILNEWS – Siapa yang tidak mengenal buah asal timur tengah yang identik dengan momentum bulan suci ramadhan ini? Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu sangat familiar dengan buah kurma yang memiliki rasa manis khas serta tekstur daging buahnya yang empuk ini. Namun belum banyak yang mengetahui secara utuh akan manfaat kurma bagi kesehatan tubuh kita.

Menurut sebuah survei medis modern, telah diakui bahwa salah satu manfaat buah kurma yaitu berguna untuk mencegah kanker lambung. Tentu hal ini sangat mengagumkan, bagi umat islam yang berbuka puasa dengan kurma, maka tidak hanya mendapatkan pahala karena mengikuti ajaran sang rasul, tetapi juga mendapatkan manfaat kesehatan.

Berikut beberapa khasiat kurma yang telah kami rangkum dari berbagai sumber :

  • Menjaga kesehatan otak
    Studi dari Neural Degeneration Research tahun 2016 menemukan bahwa buah ini berpotensi menghambat produksi protein pemicu peradangan bernama interleukin 6 (IL-6) di otak. Kadar IL-6 yang tinggi di dalam otak sering dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Selain itu, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa buah ini juga bermanfaat mengurangi aktivitas protein beta amiloid, yang dapat membentuk plak di otak.

Ketika plak menumpuk di otak, mereka dapat mengganggu komunikasi antara sel-sel otak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian sel otak. Kematian sel otak adalah salah satu penyebab munculnya penyakit Alzheimer dan demensia.

Penelitian lain pada tikus juga membuktikan kebaikan buah ini untuk mempertajam daya ingat. Selain menunjukkan kemampuan belajar dan penyimpanan memori yang lebih baik, tikus yang diberi makan kurma juga berperilaku lebih tenang.

  • Sumber antioksidan
    Menilik kandungannya, kurma merupakan sumber antioksidan yang sangat bagus. Antioksidan itu sendiri memliki manfaat dalam melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak sel bahkan menyebabkan kanker. Zat-zat fitokimia yang termasuk sebagai antioksidan pada kurma di antaranya polifenol, sterol, tanin, dan karoten.
  • Mencegah anemia
    Mudah lelah dan kulit pucat adalah dua gejala utama Anda mengalami kekurangan zat besi alias anemia. Untungnya buah nabi ini mengandung zat besi tinggi, sehingga baik dijadikan sebagai sumber makanan untuk mencegah anemia.
  • Mencegah resiko diabetes
    Meskipun kurma rasanya manis, tetapi mengonsumsi buah ini tidak akan menyebabkan Anda terkena diabetes.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah. Memakan buah ini tidak sekaligus merta, langsung melonjakkan kadar gula darah setelah makan.

Justru, kandungan serat dalam buah ini akan membantu Anda mengurangi risiko diabetes. Serat tak larut dicerna lebih lambat di dalam perut jadi membantu tubuh lebih baik mengatur kadar gula darah.

  • Energy booster
    Kurma mengandung gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh karena itu, kurma bisa dijadikan sebagai camilan yang sempurna untuk segera ‘meledakkan’ energi. Maka benarlah apa yang dicontohkan oleh sang rasul untuk mengawali berbuka puasa dengan beberapa butir kurma.

Di lain kondisi, misalnya setelah berolahraga atau latihan kemudian merasa lelah, maka Anda bisa mengunyah beberapa butir kurma untuk segera mengembalikan tenaga.

  • Sebagai antiiInflamasi
    Kurma kaya akan magnesium, mineral yang dikenal dengan manfaat antiinflamasinya. Satu penelitian menemukan bahwa indikator inflamasi di tubuh seperti CRP (protein C-reaktif), TNF (tumor necrosis factor alpha), dan IL6 (interleukin 6) semuanya berkurang saat meningkatkan asupan magnesium.

Selain itu, peradangan di dinding arteri juga berkurang dengan asupan magnesium. Berdasarkan sifat antiinflamasi magnesium dan temuan penelitian ini, magnesium dapat secara efektif mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, artritis, penyakit Alzheimer, dan penyakit kesehatan terkait peradangan lainnya.

  • Menyehatkan tulang
    Kandungan boron dalam buah kurma merupakan salah satu nutrisi yang membantu kesehatan tulang, menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Julie Garden-Robinson dkk. dan rekannya dari North Dakota State University.

Sementara penelitian lainnya yang diterbitkan dalam Journal of Critical Reviews dalam Food Science and Nutrition menunjukkan bahwa berbagai mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, magnesium yang terkandung dalam buah kurma menjadikannya makanan super untuk menguatkan tulang dan melawan penyakit yang menyakitkan dan melemahkan seperti osteoporosis.

Jika ingin makan kurma untuk menyehatkan tulang, pilihlah kurma organik karena mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, yang semuanya dapat membantu mengelola kesehatan tulang, terutama untuk lansia.

Jika bosan makan kurma kering, Anda bisa makan kurma yang masih muda. Manfaat kurma muda juga dapat berperan penting dalam kesehatan tulang dan penyembuhan luka berkat kandungan mangan di dalamnya.

  • Mencegah karies gigi
    Kandungan unsur fluoride dalam kurma sukari ramah enamel yang dapat membantu mengembalikan kerusakan gigi.

Selain itu, sebagai sumber serat yang baik, rutin mengonsumsi kurma sukari dapat merangsang produksi air liur terus mengalir. Ini membantu mempertahankan mineral yang bisa mencegah kerusakan gigi.

  • Menyehatkan rambut
    Orang yang memiliki masalah rambut rontok dan mudah patah bisa mulai mencoba kurma sukari untuk mengembalikan kesehatan rambutnya.

Kandungan serat dan protein dapat mengembalikan kelembutan dan kilau rambut serta merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

  • Menurunkan berat badan
    Program diet untuk menurunkan berat badan seringkali menyiksa dan membuat lapar. Kondisi ini justru tak baik bagi tubuh karena bisa melonjakkan gula darah dan membuat seseorang balas dendam untuk makan lebih banyak, sehingga upaya untuk diet pun bakal sia-sia.

Apabila Anda sedang membatasi makan, sukari bisa menjadi alternatif camilan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi diet. Ahli gizi merekomendasikan makan kurma 4-6 buah sudah bisa membuat perut kenyang lebih lama dan meningkatkan penyerapan usus.

Itulah beberapa khasiat ajaib kurma bagi kesehatan. Meski manfaatnya banyak sekali, kita tetap harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan bergizi lain, banyak minum air putih, tidur yang cukup dan rutin berolahraga.

Wallahu a’lam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Sebanyak 12.369 Personel Gabungan Amankan Aksi Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law Ciptaker

Jakarta, Rasilnews - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan sebanyak 12.369 personel gabungan TNI-Polri dan pemerintah daerah diterjunkan...

Aqsa Working Group Ikut Serta Dukung Aksi Global Aksi Mogok Makan Untuk Pembebasan Tahanan Palestina

Jakarta, Rasilnews - Al-Aqsa Working Group (AWG) menyatakan ikut serta untuk mendukung aksi global mendukung aksi mogok makan yang dilakukan oleh...

Satgas Ingatkan Pemda Agar Tak Lengah Sikapi Zonasi

JAKARTA, RASILNEWS - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito ingatkan Pemda soal zonasi karena peningkatan zona oranye. Melihat peta...

MUI desak Presiden Perancis Meminta Maaf Kepada Umat Islam

Jakarta, Rasilnews - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas meminta Presiden Prancis Emmanuel Macron minta maaf kepada umat...

Recent Comments