Monday, October 26, 2020
Home Nasional KOMINFO USULKAN KPI JATUHKAN DENDA DAN CABUT IZIN PROGRAM SIARAN

KOMINFO USULKAN KPI JATUHKAN DENDA DAN CABUT IZIN PROGRAM SIARAN

Jakarta, Rasilnews – Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo menginginkan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) agar bisa menjatuhkan sanksi yang berupa denda dan pencabutan izin program siaran bagi yang terbukti melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).

“Selama ini sanksi hanya sekedar berupa surat (administratif),” ujar Geryantika selaku Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo di Aston Bogor Hotel & Resort.

Berdasarkan keterangan yang diterima Rasilnews pada Selasa (26/11) Program siaran dari lembaga penyiaran yang sudah didenda tetapi tetap melanggar maka akan dikenakan sanksi pencabutan izin program. Keputusan KPI tersebut bersifat final dan mengikat, katanya melalui keterangan media.

Adapun pihak-pihak yang tak puas atas keputusan KPI bisa menggugat ke pengadilan.

Kominfo juga mengusulkan struktur KPI yang kini selevel eselon II ditingkatkan menjadi kesekretariatan jenderal. Tujuannya, agar lebih mandiri secara anggaran dan fleksibel secara sumber daya manusia. Struktur KPI pusat dan daerah juga bersifat hierarkis.

Tidak hanya itu, Kominfo juga mengupayakan agar KPI diberi wewenang mengaudit rating program siaran. Menurut Gery, hal itu demi menjawab pertanyaan banyak pihak perihal metodologi lembaga rating yang hanya satu di Indonesia, yakni AC Nielsen.

“Selama ini kita melihat ada lembaga rating yang metodenya mungkin dipertanyakan. kenapa survei dilakukan hanya di beberapa kota dan tidak keseluruh kota.”

Gery berharap usulan Kominfo tersebut dapat diterima oleh DPR dalam pembahasan revisi UU Penyiaran karena undang-undang itu telah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Jelang Kedatangan Habieb Rizieq Shihab Ke Indonesia

Jakarta, Rasilnews – Beredar sebuah video di medsos yang memperlihatkan nasehat dan pesan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habieb Rizieq...

12 Duta Besar untuk Negara Sahabat Dilantik Oleh Presiden Jokowi Hari ini

JAKARTA, RASILNEWS - Presiden Jokowi Widodo melantik 12 orang duta besar  luar biasa untuk ditugaskan di Negara-negara sahabat, Senin (26/10/2020).

Manfaat Bersepeda Secara Rutin

Oleh : Suji Rahayu (Jurnalis Rasilnews) Bersepeda atau yang populer disebut gowes, adalah termasuk sebagai salah satu...

Mewujudkan Keluarga Inspiratif

Oleh : Suji Rahayu (Jurnalis Rasilnews) Harta yang paling berharga adalah keluargaIstana yang paling indah adalah keluargaPuisi...

Recent Comments