close
Breaking news

JAKARTA – Kepemilikan senjata nuklir ternyata turut menjadi simbol superio...read more Yogyakarta, RASILNEWS – Bencana alam di Indonesia pada tahun ini terhitung s...read more RASILNEWS, MYANMAR – Pejabat KBRI di Yangon menyatakan, proyek pembangunan...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Bazar Sya’ban 1438 akan mengangkat isu Halal Life...read more Rasilnews, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, tida...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Pemimpin Redaksi (Pemred) Kantor Berita Islam MINA,...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Geliat Dakwah islam di negeri seribu pagoda Thailan...read more RASILNEWS, MALAYSIA – Dua perusahaan Malaysia yang mengoperasikan pelabuha...read more RASILNEWS, JAKARTA – Koordinator Tim Pembela Ulama dan Aktivis (PUA), Eggi...read more RASILNEWS, JAKARTA – Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifudd...read more

KPPS PILKADA 2020 BATAS MAKSIMAL USIA 50 Tahun

JAKARTA, RASILNEWS — Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan batas usia bagi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pilkada tahun 2020 maksimal 50 tahun. Batas ditentukan berkenaan dengan pandemi virus corona.

Ketentuan itu diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pilkada dalam Kondisi Bencana Nonalam Covid-19 yang ditandatangani oleh Ketua KPU Arief Budiman pada 6 Juli 2020.

Isi pasal 20 PKPU No. 6 tahun 2020 yakni, syarat usia untuk menjadi KPPS pada Pemilihan Serentak Lanjutan paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 50 tahun.

CNN Indonesia pada Kamis (9/7) menghubungi Pramono ia mengatakan, usia maksimal itu rekomendasi dari Kemenkes dan Gugus Tugas karena Covid-19 memiliki dampak lebih berat terhadap usia lebih tua.

Komisioner KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi menyatakan sebelumnya KPU tak pernah mengatur prasyarat usia maksimal bagi calon anggota KPPS.

Prasyarat usia maksimal 50 tahun ini juga berlaku bagi calon Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang bertugas untuk melakukan pemutakhiran data pemilih.

Pilkada Serentak 2020 bakal diadakan di 270 daerah. Tahapannya sempat ditunda akibat wabah virus corona namun kini sudah dilanjutkan kembali.

Pemungutan suara akan dilaksanakan serentak pada 9 Desember 2020 mendatang. Dilanjut dengan penghitungan suara berjenjang yakni dari tingkat TPS, kecamatan hingga kabupaten/kota dan provinsi.

Di Pilkada Serentak 2020, maksimal pemilih di TPS sebanyak 500 orang. Berbeda dengan Pilkada Serentak 2018 lalu yang mana bisa mencapai 800 orang di satu TPS.

Tags: , ,

No Comments

Leave a reply

Post your comment
Enter your name
Your e-mail address

Story Page