Saturday, November 28, 2020
Home Nasional KPU EVALUASI PENGATURAN JAGA JARAK DI TPS

KPU EVALUASI PENGATURAN JAGA JARAK DI TPS

JAKARTA, RASILNEWS — Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pilkada 2020 dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Indramayu pada Sabtu (29/8). KPU akan melakukan sejumlah evaluasi, salah satunya pengaturan jaga jarak di tempat pemungutan suara (TPS).

“Perlu dipertimbangkan teknis pengaturannya di lapangan agar antrean bisa tertib dengan tetap jaga jarak,” ujar Komisioner KPU RI, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi pada Ahad (30/8).

Dilansir dari Republika.co.id, opsi yang muncul seperti pengaturan waktu pemilih agar datang ke TPS masih perlu dikaji lebih lanjut. Raka mengatakan, aturan menjaga jarak saat di TPS juga perlu disosialisasikan kepada semua pihak baik peserta pilkada, penyelenggara, pemilih, maupun masyarakat secara luas.

Dalam evaluasi yang dilakukan oleh KPU RI bersama KPU Kabupaten Indramayu beserta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) itu, ada beberapa catatan penting yang akan segera dibahas lebih lanjut. Selain aturan jaga jarak, fasilitas cuci tangan juga perlu dievaluasi.

Raka mengatakan, pada saat simulasi letak sarana cuci tangan untuk pemilih sebelum masuk TPS berada cukup jauh, berbeda hal nya dengan yang keluar TPS sudah cukup baik.

Selain itu, pemakaian sarung tangan oleh pemilih juga memakan waktu cukup lama. KPU akan mengkaji kembali pengaturan penggunaan sarung tangan plastik sekali pakai itu agar tidak menghabiskan waktu dan menimbulkan antrean panjang.

Hasil evaluasi itu akan diterapkan dalam simulasi lanjutan yang dalam waktu dekat digelar di Kabupaten Bandung dan Kota Depok. Bahkan nantinya juga setiap provinsi yang daerahnya menggelar Pilkada 2020 perlu melakukan simulasi tersebut.

Selain simulasi pemungutan dan penghitungan suara, KPU akan melakukan simulasi penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (Sirekap). Raka berharap, simulasi menjadi cara menyempurnakan aspek teknis dan sebagai bentuk sosialisasi agar tata cara di TPS makin diketahui dan disebarluaskan kepada masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Tausyiah Rasil : Tiga Peristiwa yang Dialami Manusia

Oleh : Ustaz Abul Hidayat Saerodji 1. Peristiwa kelahiran Setiap orang yang ada...

Viral, Tentara Azerbaijan Bantu Penduduk Armenia Tinggalkan Wilayah Yang Di Duduki

Azerbaijan, Rasilnews - Tentara Azerbaijan membantu orang-orang Armenia yang secara ilegal dimukimkan kembali di daerah pendudukan untuk meninggalkan wilayah itu, seperti...

KPK Tetapkan 5 Tersangka Korupsi Izin Ekspor Benih Lobster, 2 Masih Buron

Jakarta, Rasilnews - Dalam konferensi pers di KPK, Rabu (25/11/2020) malam, Nawawi Pomolango Wakil Ketua KPK RI mengatakan bahwa dua dari tujuh tersangka...

Pesawat Tempur Israel Serang Suriah

Suriah, Rasilnews - Militer Suriah mengklaim bahwa pesawat tempur Israel melakukan serangan udara ke selatan Ibu kota pada Selasa (24/11) malam....

Recent Comments