Tuesday, October 27, 2020
Home Ekonomi Malaysia Garap Pasar Halal China Senilai $ 11,6 M

Malaysia Garap Pasar Halal China Senilai $ 11,6 M

RASILNEWS, MALAYSIA – Dua perusahaan Malaysia yang mengoperasikan pelabuhan baru-baru ini ikut bergabung melayani pasar halal di Cina yang memiliki lebih dari 30 juta Muslim.

Northport dan Weifang Sime Darby Port mengumumkan kerja sama kedua pihak dalam bentuk nota kesepahaman untuk memfasilitasi pengiriman produk halal dari Malaysia ke Cina.

Northport, sebuah unit utilitas dan infrastruktur milik MMC Corporation Berhad, berjarak sekitar satu jam dari Kuala Lumpur, sementara Weifang di Shandong, Cina timur, adalah unit Sime Darby, milik seorang pengusaha kaya, Asia Nikei melaporkan.

Malaysia menargetkan ekspor produk halal sebesar 50 miliar ringgit ($ 11,6 miliar) pada tahun 2020, naik dari 39,3 miliar ringgit pada 2016. Malaysia juga disebut sebagai negara terdepan  dalam ekspor produk-produk halal.

Sime Darby telah menyisihkan area seluas 2,7 km persegi di Weifang untuk kawasan industri halal pertama di China. Konstruksi akan dimulai pada tahun anggaran berikutnya, yang dimulai Juli mendatang.

“Halal adalah bisnis besar dan kemitraan ini bertujuan untuk menangkap pasar yang tumbuh besar 10% tiap tahun,” kata Bakke Salleh, presiden dan kepala eksekutif Sime Darby.

Weifang yang terletak di perairan Bohai merupakan pintu gerbang menuju daerah pedalaman China yang ditempati populasi Muslim  seperti Henan, Ningxia, Gansu, dan Xinjiang. Sime Darby memperluas kapasitas pelabuhan dari 32 juta metrik ton tahun lalu menjadi 80 juta metrik ton per tahun pada tahun 2020.

Northport sudah merupakan pusat logistik halal dengan fasilitas khusus yang disertifikasi oleh otoritas agama. Kapasitas pelabuhan tumbuh 14% tahun lalu menjadi 3,22 juta kontainer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Ahok Turut Berduka Atas Wafatnya Ust Fahrurozi Ishaq Karena Covid-19

Jakarta, Rasilnews - Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok turut menyampaikan dukacita atas meninggalnya Fahrurrozi Ishaq, yang dikenal sebagai 'Gubernur Tandingan'...

10 Ribu Jamaah Umrah Akan Kembali Padati Saudi Arabia Tiap Pekannya

JAKARTA, RASILNEwS - Setiap pekan sekitar 10 ribu jemaah umrah diperkirakan akan tiba di Arab Saudi mulai (1/11) mendatang. Dengan pernyataan...

California Evakuasi 100 Ribu Penduduk Akibat Kebakaran Hutan

JAKARTA, RASILNEWS - Pemerintah memerintahkan untuk evakuasi lebih dari 100 ribu penduduk akibat Kebakaran hutan yang terjadi dan bergerak cepat di...

Tebitkan Karikatur Nabi Muhammad SAW, Maroko Kecam Prancis

JAKARTA-RASILNEWS, Kementrian Luar Negri Maroko Pada Minggu Mengatakan bahwa berlanjutnya publikasi kartun yang menghina nabi merupakan aksi provokasi.

Recent Comments