Wednesday, October 28, 2020
Home Internasional Menlu RI Pastikan 100 Juta Vaksin Di 2020 Dari Astra Zeneca Inggris

Menlu RI Pastikan 100 Juta Vaksin Di 2020 Dari Astra Zeneca Inggris

Inggris, Rasilnews – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, Indonesia telah menyampaikan permintaan penyediaan vaksin sebesar 100 juta untuk tahun 2021 kepada Astra Zeneca (AZ), sebuah perusahaan yang berbasis di London, Inggris.

“Pihak AZ menyambut baik permintaan tersebut. Pengiriman pertama diharapkan dapat dilakukan pada semester pertama tahun 2021 dan akan dilakukan secara bertahap,” kata Retno dalam taklimat media daring, Rabu (14/10) malam.

Komitmen tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan penandatanganan Letter of Intent antara AZ dan Kementerian Kesehatan RI yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal.

Menlu mengatakan, vaksin AZ merupakan salah satu kandidat vaksin yang oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tercatat telah memasuki tahap uji klinis.

Pertemuan dengan pimpinan AZ merupakan serangkaian agenda kunjungan Menlu RI bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Tim Kemenkes RI ke London, Inggris dan Swiss.

Sebelumnya, Menteri juga telah melakukan kunjungan ke China dan Uni Emirate Arab (UEA). Hasilnya, Indonesia mendapat jaminan pasokan vaksin virus corona sebesar 20-30 juta pada 2020.

Sementara untuk kuartal I 2021, pemerintah telah mengamankan 80-130 juta dosis vaksin corona. Kemudian, di kuartal II-IV 2021, pemerintah UEA dan China telah meneken komitmen penyediaan vaksin hingga 210 juta dosis. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Ahok Turut Berduka Atas Wafatnya Ust Fahrurozi Ishaq Karena Covid-19

Jakarta, Rasilnews - Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok turut menyampaikan dukacita atas meninggalnya Fahrurrozi Ishaq, yang dikenal sebagai 'Gubernur Tandingan'...

10 Ribu Jamaah Umrah Akan Kembali Padati Saudi Arabia Tiap Pekannya

JAKARTA, RASILNEwS - Setiap pekan sekitar 10 ribu jemaah umrah diperkirakan akan tiba di Arab Saudi mulai (1/11) mendatang. Dengan pernyataan...

California Evakuasi 100 Ribu Penduduk Akibat Kebakaran Hutan

JAKARTA, RASILNEWS - Pemerintah memerintahkan untuk evakuasi lebih dari 100 ribu penduduk akibat Kebakaran hutan yang terjadi dan bergerak cepat di...

Tebitkan Karikatur Nabi Muhammad SAW, Maroko Kecam Prancis

JAKARTA-RASILNEWS, Kementrian Luar Negri Maroko Pada Minggu Mengatakan bahwa berlanjutnya publikasi kartun yang menghina nabi merupakan aksi provokasi.

Recent Comments