Friday, November 27, 2020
Home Nasional PANGLIMA TNI : ULAMA ADALAH PEMERSATU BANGSA

PANGLIMA TNI : ULAMA ADALAH PEMERSATU BANGSA

RASILNEWS, JAKARTA – Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, ulama Indonesia dalam sejarahnya adalah pemersatu bangsa.

“Apabila ada orang yang bepakaian seperti ulama tetapi memecahbelah bangsa atau memakai nama apapun juga untuk menyudutkan agama lain, itu pasti bukan ulama Indonesia.  Mengapa demikian ? Karena di dunia ini hanya tinggal Indonesia-lah di mana sebagian besar warganya beragama Islam, penduduk Muslim yang masih menunjukan Muslim yang Rahmatan Lil Alamin,” katanya.

Hal itu disampaikan jenderal berbintang empat itu di hadapan sekitar 5.000 Prajurit TNI, Polri, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta 1.000 Anak Yatim Piatu dalam rangka Safari Ramadhan,  di Lapangan Benteng, Medan, Sumatera Utara, Sabtu malam (17/6). Demikian Pusat Penerangan TNI yang dikutip MINA.

Ia menjelaskan, mayoritas (90 persen) penduduk Indonesia adalah Muslim yang dipimpin oleh para ulama, dan sejarah kemerdekaan bangsa ini dilandasi dengan semangat persatuan kesatuan dan gotong royong para ulama dan tokoh agama lainnya.

“Setelah merdeka, sebagian ulama dan santri kembali ke pesantren, tetapi ada juga yang tetap mengabdi dalam perjuangan bersenjata untuk mengamankan kemerdekaan yang diraih dengan membentuk badan keamanan rakyat,” jelasnya.

“Bahkan Panglima pertama TNI Jenderal Sudirman adalah seorang guru agama dan seorang Kyai, maka di dalam TNI pasti mengalir darah Islam. Jadi, ulama dengan TNI tidak bisa dipisahkan karena latar belakang sejarah merebut dan mempertahankan kemerdekaan,” paparnya.

Ia menambahkan bahwa persatuan memiliki arti penting dalam perjalanan perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia yang sebelumnya dilakukan secara kedaerahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Tausyiah Rasil : Tiga Peristiwa yang Dialami Manusia

Oleh : Ustaz Abul Hidayat Saerodji 1. Peristiwa kelahiran Setiap orang yang ada...

Viral, Tentara Azerbaijan Bantu Penduduk Armenia Tinggalkan Wilayah Yang Di Duduki

Azerbaijan, Rasilnews - Tentara Azerbaijan membantu orang-orang Armenia yang secara ilegal dimukimkan kembali di daerah pendudukan untuk meninggalkan wilayah itu, seperti...

KPK Tetapkan 5 Tersangka Korupsi Izin Ekspor Benih Lobster, 2 Masih Buron

Jakarta, Rasilnews - Dalam konferensi pers di KPK, Rabu (25/11/2020) malam, Nawawi Pomolango Wakil Ketua KPK RI mengatakan bahwa dua dari tujuh tersangka...

Pesawat Tempur Israel Serang Suriah

Suriah, Rasilnews - Militer Suriah mengklaim bahwa pesawat tempur Israel melakukan serangan udara ke selatan Ibu kota pada Selasa (24/11) malam....

Recent Comments