Monday, October 26, 2020
Home Kesehatan PEMERINTAH : FLU BABI G4 BELUM DITEMUKAN DI INDONESIA

PEMERINTAH : FLU BABI G4 BELUM DITEMUKAN DI INDONESIA

JAKARTA, RASILNEWS – Pemerintah mengungkapkan bahwa virus flu babi baru (G4 EA H1N1) belum ditemukan di Indonesia.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian Ketut Diarmita mengatakan, Kementan telah melakukan surveilans dan analisis genetik terkait virus flu babi baru tersebut bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Dilansir dari CNN Indonesia.com, Ketut mengatakan bahwa dari beberapa sampel virus flu babi yang pernah ditemukan di Indonesia, virus flu babi baru yang memicu pandemi berbeda.

“Kami telah membuat Surat Edaran tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Galur Baru Virus Flu Babi H1N1. Surat edaran ini mengajak semua pihak terkait untuk meningkatkan kerjasama, mewaspadai, dan menyiapkan rencana kontingensi kemungkinan masuk dan munculnya G4 EA H1N1 di Indonesia,” ujar Ketut dalam sebuah keterangan pada Selasa (14/7).

Sebelumnya para peneliti di China menemukan virus flu babi G4 tipe baru yang disebut bisa memicu pandemi baru. Virus G4 ini merupakan turunan dari flu babi H1N1. Virus H1N1 telah menyebabkan pandemi pada 2009 lalu.

Menurut para peneliti, G4 dianggap sangat berbahaya. Sebab, inti dari virus ini adalah virus flu burung dengan campuran strain mamalia di dalamnya. Sementara manusia sama sekali tidak punya kekebalan terhadap virus ini.Kemenkes belum lama ini juga menyatakan sedang mewaspadai kemungkinan serangan flu babi pada manusia. Namun sejauh ini, Kemenkes mengklaim belum ada temuan kasus tersebut di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Jelang Kedatangan Habieb Rizieq Shihab Ke Indonesia

Jakarta, Rasilnews – Beredar sebuah video di medsos yang memperlihatkan nasehat dan pesan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habieb Rizieq...

12 Duta Besar untuk Negara Sahabat Dilantik Oleh Presiden Jokowi Hari ini

JAKARTA, RASILNEWS - Presiden Jokowi Widodo melantik 12 orang duta besar  luar biasa untuk ditugaskan di Negara-negara sahabat, Senin (26/10/2020).

Manfaat Bersepeda Secara Rutin

Oleh : Suji Rahayu (Jurnalis Rasilnews) Bersepeda atau yang populer disebut gowes, adalah termasuk sebagai salah satu...

Mewujudkan Keluarga Inspiratif

Oleh : Suji Rahayu (Jurnalis Rasilnews) Harta yang paling berharga adalah keluargaIstana yang paling indah adalah keluargaPuisi...

Recent Comments