Friday, October 23, 2020
Home Nasional PEMILU 2024 TITO DUKUNG E-VOTING BEDA DENGAN ANAK BUAH

PEMILU 2024 TITO DUKUNG E-VOTING BEDA DENGAN ANAK BUAH

JAKARTA, RASILNEWS — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mendukung penerapan sistem pemilihan berbasis elektronik atau e-Voting dalam gelaran pemilihan umum, baik pilkada, pileg, maupun pilpres pada 2024 mendatang.

Tito mengatakan mekanisme e-Voting ini bisa menekan biaya pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan yang tergolong tinggi di Indonesia.

“Untuk menekan biaya tinggi, mungkin perlu diterapkan e-Voting, jadi biayanya lebih rendah,” kata Tito, Senin (9/3).

Pernyataan Tito ini berbeda dengan Pelaksana tugas Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bahtiar soal penerapan e-Voting. Bahtiar menyebut penerapan e-Voting perlu pembahasan lebih lanjut.


Menurutnya, penerapan e-Voting sangat rawan dimanipulasi. Contohnya, kata Bahtiar, sangat mungkin seseorang memilih calon a, namun yang masuk ke sistem calon b.

Menurutnya, penerapan e-Voting bisa langsung diterapkan dengan menyinkronkan data kependudukan yang sudah terekam dalam e-KTP.

“Jadi enggak perlu lagi pakai yang dicelup itu, nah, karena apa? sudah ada finger print, 98,8 persen data kependudukan udah e-KTP,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Menangi Formula 1 GP Eifel, Lewis Hamilton Samai Rekor Legenda Hidup F1 Michael Schumacher

Nuerburg, RasilNews - Keberhasilan Lewis Hamilton memenangi Formula 1 GP Eifel 2020 semakin memiliki nilai plus. Hasil itu membuatnya menyamai rekor legenda...

Hasil Lengkap Liga Champions Eropa Matchday Pertama

Eropa, RasilNews - Liga Champions 2020/2021 telah dimulai, dan ada empat grup yang sudah memainkan matchday pertama terlebih dahulu dan sisa empat...

Peringati Hari Santri Saat Pandemi

JAKARTA, RASILNEWS - Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22...

PBB : Pandemi Perburuk Kemajuan Hak-Hak Perempuan

JAKARTA-RASILNEWS, Perserikatan Bangsa-Bangsa sesali adanya keterlambatan majunya hak-hak dalam perempuan secara global dan memperingatkan adanya perlambatan lebih lanjut karna covid-19 yang disampaikan...

Recent Comments