Wednesday, October 28, 2020
Home Nasional PENGAMAT: ADA KETERTUTUPAN INFORMASI DALAM KASUS HABIB RIZIEQ

PENGAMAT: ADA KETERTUTUPAN INFORMASI DALAM KASUS HABIB RIZIEQ

RASILNEWS, JAKARTA – Pengamat Hukum Pidana Umar Husein mengatakan yang tahu layak atau tidaknya Habib Rizieq Shihab menjadi tersangka adalah penyidik kepolisian. Namun, menurutnya persoalan ini kemudian menjadi masalah karena terkesan ada ketertutupan informasi yang disampaikan kepada masyarakat tentang apa yang sebenarnya terjadi.

“Kemudian ditambah dengan kesan tingkat kepercayaan publik terhadap polisi yang sedang menurun,” ujarnya saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (7/6).

“Seandainya pun benar yang dilakukan polisi, orang belum tentu percaya. Apalagi yang nggak benar. Kasus apa saja ini ya, tidak hanya kasus Habib Rizieq, itu akan tidak serta merta diterima masyarakat sebagai sebuah kebenaran kecuali polisi bisa memperbaiki kinerjanya,” katanya melanjutkan.

Secara hukum, kasus yang menimpa Habib Rizieq memang harus didetilkan. Umar meminta agar polisi memberikan informasi yang detil kepada masyarakat atas penetapan status tersangka pada Habib Rizieq.

Sebab kasus ini sudah menjadi atensi publik. Hal kedua, Umar merasa energi polisi seakan diarahakan pada kasus Habib Rizieq.

“Dua alat bukti kalau sudah punya ya sudah digelar (perkara) saja. Yang saya khawatir ini menjadi pertukaran kasus, artinya karena Ahok kalah dan masuk penjara maka golongan Habib Rizieq harus ada yang kena. Saya tidak menuduh ya, tapi saya mengkhawatirkan,” katanya.

Seperti diketahui, polisi menetapkan status Habib Rizieq Shihab (HRS) menjadi tersangka dalam kasus obrolan pesan singkat mengandung konten pornografi dengan Firza Husein. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono membenarkan informasi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Ahok Turut Berduka Atas Wafatnya Ust Fahrurozi Ishaq Karena Covid-19

Jakarta, Rasilnews - Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok turut menyampaikan dukacita atas meninggalnya Fahrurrozi Ishaq, yang dikenal sebagai 'Gubernur Tandingan'...

10 Ribu Jamaah Umrah Akan Kembali Padati Saudi Arabia Tiap Pekannya

JAKARTA, RASILNEwS - Setiap pekan sekitar 10 ribu jemaah umrah diperkirakan akan tiba di Arab Saudi mulai (1/11) mendatang. Dengan pernyataan...

California Evakuasi 100 Ribu Penduduk Akibat Kebakaran Hutan

JAKARTA, RASILNEWS - Pemerintah memerintahkan untuk evakuasi lebih dari 100 ribu penduduk akibat Kebakaran hutan yang terjadi dan bergerak cepat di...

Tebitkan Karikatur Nabi Muhammad SAW, Maroko Kecam Prancis

JAKARTA-RASILNEWS, Kementrian Luar Negri Maroko Pada Minggu Mengatakan bahwa berlanjutnya publikasi kartun yang menghina nabi merupakan aksi provokasi.

Recent Comments