Monday, October 26, 2020
Home Kesehatan PENGOBATAN YANG DIANJURKAN RASULULLAH

PENGOBATAN YANG DIANJURKAN RASULULLAH

JAKARTA, RASILNEWS – Rasulullah telah mendidik kita untuk hidup sehat alami dan islami yang telah dibuktikan pada masa sekarang dengan berbagai riset. Itu sebabnya dalam kondisi apapun pasti kan yang kita konsumsi adalah produk halal dan thoyyib, baik berupa makanan maupun obat.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuwan Jepang, diketahui bahwa 90% gen DNA manusia identik dengan tumbuhan. Lalu apa maknanya? maknanya adalah manusia harus mengonsumsi produk yang berasal dari tumbuhan terlebih dahulu (yang alami).

Rasulullah memberi informasi kepada kita bahwa dalam pengobatan ada beberapa teknik dan syarat yang harus dipenuhi.Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, ” Allah tidak menurunkan suatu penyakit kecuali dia menurunkan obatnya. Orang tahu karena ilmunya dan orang tidak tahu karena kebodohannya.”

Dalam hadits lain, disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “sesungguhnya Allah tidak menurunkan suatu penyakit melainkan Dia menurunkan obatnya. Kecuali satu jenis penyakit.”

Para sahabat bertanya, penyakit apakah itu ya Rasulullah? beliau menjawab, “penyakit masa tua” (HR. Ahmad Dhani Usamah bin Syarik).

Sudah jelas bahwa semua penyakit sebenarnya bisa diobati karena sudah ada janji Allah Subhanahu wa Ta’ala. Akan tetapi syaratnya harus halal, baik dari obatnya maupun dari pelakunya.

Problematika obat di Indonesia berkaitan dengan status halal-haramnya belum banyak menjadi perhatian umat. Maka dari itu, kita harus lebih berhati-hati dalam memilih obat. Anda tidak mau kan memasukkan obat yang tidak halal? padahal Allah subhanahu wa ta’ala pasti menciptakan obat yang halal.

Berikut beberapa pengobatan yang dianjurkan Rasulullah :

– Teori warna dan bentuk dalam pengobatan tradisional

Banyak teori tradisional pengobatan yang sebagaimana yang sebagiannya bisa dipakai untuk memudahkan kita pada zaman dahulu manusia belum tersentuh teknologi sebabnya Allah memberikan Ilham kepada mereka untuk mengobati manusia dengan tanda-tanda yang diberikan Allah. Contohnya, penyakit kuning atau lever ditandai dengan munculnya mata atau badan obatnya juga tumbuhan yang berwarna kuning seperti temulawak, kunyit, mangga dan wortel. Ternyata ilmu pengetahuan modern baru membuktikan hal itu.

– Ruqyah

Al-Qur’an merupakan syifa atau penyembuh. Itulah yang disampaikan oleh Allah azza wa jalla dalam Al-Qur’an. Maka dari itu, kita harus menjadikan Al-Qur’an sebagai obat terbaik bagi seorang muslim.

– Bekam

Sakit? berbekamlah! karena bekam adalah pengobatan langit yang dianjurkan oleh malaikat Allah azza wa jalla.

Salah satu bentuk pengobatan yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam adalah hijamah atau berbekam. Banyak yang tidak tahu, bahwa ternyata ketika Isra Mi’raj Rasulullah bukan hanya mendapatkan perintah shalat, melainkan juga mendapatkan pesan dari Allah melalui malaikat-Nya agar kita semua berbekam.

Berikut ini hadits shahih yang diriwayatkan sahabat Abdullah bin Abbas radhiallahu an yang artinya, “Dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, ‘tidaklah aku melewati satu kumpulan malaikat pada malam saat aku di Isra’-kan kecuali mereka semua berkata kepadaku, “Wahai Muhammad, perintahkanlah umatmu untuk berbekam.'” (HR Ibnu Majah)

Sumber : Jurus Sehat Rasulullah (dr. Zaidul Akbar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Jelang Kedatangan Habieb Rizieq Shihab Ke Indonesia

Jakarta, Rasilnews – Beredar sebuah video di medsos yang memperlihatkan nasehat dan pesan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habieb Rizieq...

12 Duta Besar untuk Negara Sahabat Dilantik Oleh Presiden Jokowi Hari ini

JAKARTA, RASILNEWS - Presiden Jokowi Widodo melantik 12 orang duta besar  luar biasa untuk ditugaskan di Negara-negara sahabat, Senin (26/10/2020).

Manfaat Bersepeda Secara Rutin

Oleh : Suji Rahayu (Jurnalis Rasilnews) Bersepeda atau yang populer disebut gowes, adalah termasuk sebagai salah satu...

Mewujudkan Keluarga Inspiratif

Oleh : Suji Rahayu (Jurnalis Rasilnews) Harta yang paling berharga adalah keluargaIstana yang paling indah adalah keluargaPuisi...

Recent Comments