Saturday, October 31, 2020
Home DKI Jakarta PERATURAN GUBERNUR DKI SOAL LARANGAN KANTONG PLASTIK BERLAKU HARI INI

PERATURAN GUBERNUR DKI SOAL LARANGAN KANTONG PLASTIK BERLAKU HARI INI

JAkARTA, RASILNEWS — Larangan kantong plastik sekali pakai di DKI Jakarta mulai berlaku efektif pada Rabu (1/7). Pengelola pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat diwajibkan menggunakan kantong belanja ramah lingkungan.

Dilansir dari CNN Indonesia, kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan pemberlakuan ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.

Kata Andono dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (30/6) ia mengatakan, secara bertahap kita mulai dari pembatasan kantong plastik sekali pakai atau kresek,

Data Pemprov DKI Jakarta, sampai saat ini jumlah sampah di TPST Bantargebang sudah mencapai 39 juta ton sampah dan 34 persen di antaranya sampah plastik.

Sampah plastik jadi persoalan di TPST kata Andono, karena jenis kantong kresek tidak laku dikumpulkan oleh pemulung untuk didaur ulang. Apalagi membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk terdekomposisi secara alamiah.

Pemprov DKI sejak jauh hari juga sudah menyosialisasikan mengenai larangan ini. Di antaranya dengan sosialisasi langsung ke lokasi sebanyak 85 lokasi pusat perbelanjaan atau mall, 2.000 lebih toko swalayan, dan 158 pasar rakyat.

Selain itu Pemprov juga memberikan kembali Surat Edaran Kepala Dinas Lingkungan Hidup tanggal 15 Juni 2020 tentang persiapan penerapan Pergub 142/2020 kepada Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO).

Sementara itu Perumda Pasar Jaya juga berkomitmen untuk mendukung larangan tersebut. Direktur Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan pihaknya sejak awal sudah menyosialisasikan aturan tersebut kepada para pedagang pasar dan pengunjung.

Arief mengatakan kebijakan ini merupakan salah satu upaya mengurangi sampah plastik sekali pakai. Setiap harinya pasar tradisional menghasilkan 600 ton sampah jika pelarangan kantong sampah sekali pakai diberlakukan ia meyakini ini akan sangat signifikan mengurangi sampah di Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Presiden Jokowi Ajak Umat Islam Teladani Akhlaq Rasulullah

Jakarta, Rasilnews - Presiden Joko Widodo mengajak umat Islam untuk meneladani akhlak terbaik Rasulullah yang patut diteladani dan sangat relevan dalam...

Ketum GP Ansor : Islam Adalah Agama Rahmah Dan Kasih Sayang

Jakarta, Rasilnews - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor H Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, Islam adalah agama yang...

Prof Wiku : Perkembangan Penanganan Pandemi Covid-19 di Tingkat Kabupaten/Kota Meningkat Lebih Baik

Jakarta, Rasilnews - Perkembangan penanganan pandemi Covid-19 pada sebagian besar kabupaten/kota sejauh ini menunjukkan hasil yang baik.

Sebanyak 12.369 Personel Gabungan Amankan Aksi Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law Ciptaker

Jakarta, Rasilnews - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan sebanyak 12.369 personel gabungan TNI-Polri dan pemerintah daerah diterjunkan...

Recent Comments