Friday, November 27, 2020
Home Nasional Peringati Hari Santri 2020 Kemenag Gelar Upacara Bendera

Peringati Hari Santri 2020 Kemenag Gelar Upacara Bendera

JAKARTA,RASILNEWS – Memperingati Hari Santri 2020 Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar upacara bendera serentak, Kamis (22/10) besok. Dengan mengusung tema ‘Santri Sehat Indonesia Kuat’

Selain upacara Peringatan, ada acara zikir, doa, salawat dan tausiah untuk mendoakan santri, masyarakat Indonesia dan dunia agar diberikan kesehatan serta kekuatan di masa pandemi Covid-19.

“Tema ini diharapkan dapat memberi motivasi bagi anak-anak santri untuk tetap menjaga kesehatannya dan tetap melaksanakan protokol kesehatan agar pondok pesantren itu benar-benar menjadi tempat yang aman bagi para santri,” kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi dikutip dari situs resmi Kemenag, Rabu (21/10).

Zainut mengatakan semua rangkaian kegiatan Hari Santri 2020 dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Pelaksanaan pun bisa dilakukan secara virtual untuk menjaga kesehatan santri dan pengasuh ponpes.

“Semua peringatan hari santri harus menerapkan protokol kesehatan. Perhatikan untuk selalu menjaga jarak,” ujarnya.

Selanjutnya Zainut mengatakan para santri memiliki kontribusi besar bagi Indonesia sehingga Hari Santri wajib diperingati tiap tahunnya. Pertama, para santri memiliki andil dan jasa dalam merebut kemerdekaan RI dari Belanda.

Menurutnya, resolusi jihad yang kemudian melahirkan pertempuran 10 November 1945 di Surabaya adalah kontribusi nyata santri bagi kemerdekaan Indonesia.

“Pemberian gelar waliyyul amri ad-dlaruri bi al-syaukah kepada Presiden Soekarno pada 1954 juga adalah kontribusi santri,” kata Zainut.

Terakhir, menurut Zainut, santri memiliki kontribusi besar dalam menyebarkan wacana keagamaan yang moderat di Indonesia.

“Santri tampil dalam perebutan wacana keagamaan yang mengarah pada puritanisme agama yang membahayakan landasan negara, yaitu Pancasila, adalah bukti konkret peran santri,” ujarnya.

Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani menyatakan bahwa rangkaian program Hari Santri 2020 berlangsung sejak 30 September hingga 22 Oktober esok. Hari Santri Juga Selalu diperingati setiap tanggal 22 Oktober sejak tahun 2015 lalu. Peringatan ini didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Tausyiah Rasil : Tiga Peristiwa yang Dialami Manusia

Oleh : Ustaz Abul Hidayat Saerodji 1. Peristiwa kelahiran Setiap orang yang ada...

Viral, Tentara Azerbaijan Bantu Penduduk Armenia Tinggalkan Wilayah Yang Di Duduki

Azerbaijan, Rasilnews - Tentara Azerbaijan membantu orang-orang Armenia yang secara ilegal dimukimkan kembali di daerah pendudukan untuk meninggalkan wilayah itu, seperti...

KPK Tetapkan 5 Tersangka Korupsi Izin Ekspor Benih Lobster, 2 Masih Buron

Jakarta, Rasilnews - Dalam konferensi pers di KPK, Rabu (25/11/2020) malam, Nawawi Pomolango Wakil Ketua KPK RI mengatakan bahwa dua dari tujuh tersangka...

Pesawat Tempur Israel Serang Suriah

Suriah, Rasilnews - Militer Suriah mengklaim bahwa pesawat tempur Israel melakukan serangan udara ke selatan Ibu kota pada Selasa (24/11) malam....

Recent Comments