Tuesday, October 20, 2020
Home Nasional PESANTREN DI ZONA HIJAU DAN BIRU MULAI DI BUKA KEMBALI

PESANTREN DI ZONA HIJAU DAN BIRU MULAI DI BUKA KEMBALI

BANDUNG, RASILNEWS — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akhirnya mengizinkan kembali pondok pesantren untuk dibuka bagi para santri di tengah pandemi virus corona (Covid-19) yang belum reda.

Izin itu dilontarkan pria yang karib disapa Emil itu lewat penerbitan Surat Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 443/Kep.326-Hukham/2020 tentang Perubahan Kepgub Jabar No 443/Kep.321-Hukham/2020 tentang protokol kesehatan untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19 di lingkungan pondok pesantren.

Dalam Kepgub tersebut diketahui pesantren di wilayah zona biru dan hijau akan mulai diizinkan beroperasi kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Menurut Emil, keputusan itu ia ambil setelah bermusyawarah dengan berbagai pihak terkait.

Emil juga mengatakan SK Gubernur sudah diubah sesuai aspirasi yang berkembang, walaupun SK yang pertama itu sudah dimusyawarahkan oleh Pak Uu selaku Wakil Gugus Tugas dengan 79 ulama.

Emil menyatakan Pemprov Jabar akan selalu menentukan kebijakan melalui musyawarah dengan pemangku kepentingan terkait, terutama kebijakan yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

“Jadi pada saat (SK) diumumkan ternyata ada dinamika, ya sudah kita akomodasi menjadi perbaikan-perbaikan yang diharapkan,” jelasnya.

Emil mengatakan pesantren diizinkan untuk beroperasi duluan dari sekolah umum karena kurikulumnya yang berbeda.

Selain itu, kata dia, mayoritas pesantren dimiliki atas nama pribadi. Sehingga kebijakan kurikulum yang digunakan masing-masing pesantren pun berbeda. Dengan demikian, pihaknya menilai tidak akan terjadi kejomplangan kualitas pendidikan antarpesantren.

“Kalau pesantren itu rata-rata dimiliki oleh pribadi, kurikulumnya juga tidak sama. Jadi pesantren boleh dibuka karena kurikulumnya berbeda, start dan finish-nya beda, maka boleh dibuka duluan dengan catatan kesehatan di zona hijau dan biru dan protokol kesehatan,” ucap Emil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Pemerintah Belanda Bersedia Membayar Rp 87,2 Juta Bagi Janda dan Anak anak Korban Penjajahan Belanda Hingga Akhir 1940-an

Belanda, Rasilnews - Menteri Luar negeri Belanda Stef Blok dan Menteri Pertahanan Ank Bijeveld menyampaikan bahwa anak-anak yang dapat membuktikan bahwa...

Sebanyak 10.587 Personil Gabungan TNI-POLRI Akan Mengamankan Aksi Demo Tolak Amnibus Law

Jakarta, Rasilnews - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya mengatakan bahwa Sebanyak 10.587 personel gabungan...

Pemrov DKI Berkomitmen Terhadap Upaya Kesehatan dan Sosial Ekonomi Jakarta

Jakarta, Rasilnews - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Senin (19/10) melalui Rapat...

Gaza Palestina Berterimakasih Kepada Jamaah Muslimin (Hizbulllah) Indonesia

GAZA, PALESTINA - Wali Kota Rafah, Anwar Hamdan Al Shaer, mengucapkan terima kasih atas Program Wakaf 1.000 Pohon Zaitun untuk Gaza...

Recent Comments