Friday, October 23, 2020
Home Ekonomi PLN KELEBIHAN PASOKAN LISTRIK, PEMBANGKIT BERPOTENSI NGANGGUR

PLN KELEBIHAN PASOKAN LISTRIK, PEMBANGKIT BERPOTENSI NGANGGUR

Jakarta, CNN Indonesia — PT PLN (Persero) berlebih Pasokan listrik. Jika tidak terserap dengan baik, pembangkit tenaga listrik berpotensi nganggur atau idle. Karenanya, pemerintah mengimbau sektor industri untuk menyerap pasokan listrik PLN.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan pasokan listrik yang tersedia saat ini mengikuti asumsi pertumbuhan listrik yang tinggi, demikian CNN melaporkan.

“Asumsi pertumbuhan listrik 6,5 persen per tahun, namun kenyataannya pertumbuhan konsumsi listrik hanya 4 persen saja. Oleh karena itu, pasokan yang berlebih harus disalurkan, agar tidak ada pembangkit yang idle,” ujarnya seperti dilansir Antara, Senin (9/3).

Sementara itu, lanjut Arifin, PLN diminta proaktif untuk mencari pelanggan baru. Dengan begitu, kelebihan pasokan yang ada dapat diserap oleh pelanggan. “PLN harus proaktif untuk memaksimalkan penyerapan listrik oleh industri, karena ini business to business PLN,” terang dia.

Sebelumnya Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana meminta PLN untuk melakukan aksi korporasi mencari pasar baru.

Dia mengatakan investasi PLN untuk sementara tidak lagi difokuskan untuk membangun pembangkit, namun lebih banyak dialokasikan untuk menambah transmisi dan distribusi dalam rangka memperkuat pasar.

Terkait harga gas untuk pembangkit listrik, pemerintah berencana menurunkan harga gas menjadi US$6 per MMBTU. Untuk mendukung kebijakan ini, pemerintah saat ini sedang mengkaji payung hukumnya, salah satunya adalah dengan merevisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 40 Tahun 2016 Tentang Penetapan Harga Gas Bumi.

Dia menjelaskan, pembangkit termasuk juga yang akan menikmati harga gas US$6 per MMBTU dan untuk mendukung kebijakan ini, maka pemerintah akan merevisi Peraturan Presiden.

Sebagaimana diketahui, dalam Perpres 40 tahun 2016, terdapat tujuh sektor industri yang mendapatkan harga gas khusus, yaitu industri yang bergerak di bidang pupuk, industri petrokimia, industri oleochemical, industri baja, industri keramik, industri kaca, dan industri sarung tangan karet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Ini Target Anthony Ginting dan Jonatan Christie di Asia Open

Jakarta, RasilNews - Dua tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie ditargetkan menembus final di Asia Open I dan II tahun...

Menangi Formula 1 GP Eifel, Lewis Hamilton Samai Rekor Legenda Hidup F1 Michael Schumacher

Nuerburg, RasilNews - Keberhasilan Lewis Hamilton memenangi Formula 1 GP Eifel 2020 semakin memiliki nilai plus. Hasil itu membuatnya menyamai rekor legenda...

Hasil Lengkap Liga Champions Eropa Matchday Pertama

Eropa, RasilNews - Liga Champions 2020/2021 telah dimulai, dan ada empat grup yang sudah memainkan matchday pertama terlebih dahulu dan sisa empat...

Peringati Hari Santri Saat Pandemi

JAKARTA, RASILNEWS - Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22...

Recent Comments