Saturday, November 28, 2020
Home Internasional POLITISI PALESTINA SEPAKAT DENGAN HAMAS AKAN BUKA PERBATASAN JALUR GAZA - MESIR

POLITISI PALESTINA SEPAKAT DENGAN HAMAS AKAN BUKA PERBATASAN JALUR GAZA – MESIR

RASILNEWS, JAKARTA – Politisi Palestina berpengaruh, Mohammed Dahlan mengungkapkan, kesepakatannya dengan Hamas akan membuka perbatasan antara Jalur Gaza dan Mesir.

Berbicara kepada Associated Press melalui telepon dari Uni Emirat Arab, tokoh yang mengasingkan diri dari Palestina ini mengatakan, dia berharap perbatasan yang selama ini memblokade Gaza dapat segera dibuka dan pemadaman listrik yang telah melumpuhkan dapat dilonggarkan.

Pernyataan itu adalah konfirmasi pertama yang diberikan Dahlan kepada media, setelah sebelumnya ia diisukan menjalin kesepakan diam-diam dengan Hamas.

Di masa sebelum Hamas menguasai Jalur Gaza, politisi asal gerakan Fatah itu mengepalai beberapa cabang keamanan di daerah kantong tersebut.

Menurutnya, penyeberangan perbatasan Mesir-Gaza diperkirakan akan dibuka pada akhir Agustus dan sejumlah dana telah disiapkan untuk pembangkit listrik senilai US$ 100 juta. Demikian Arab News memberitakan yang dikutip RASILNEWS.

Pemimpin Hamas yang baru terpilih di Gaza, Yehiyeh Sinwar, telah membantu menempa aliansi yang dulu tak terpikirkan ini.

Keduanya merupakan teman lama yang dibesarkan di jalan-jalan yang sulit di kamp pengungsi Khan Younes di Gaza selatan, sebelum bergabung dengan gerakan Hamas dan Fatah.

“Kami berdua menyadari, sudah saatnya mencari jalan keluar,” kata Dahlan baru-baru ini dan menambahkan bahwa dirinya dan Sinwar telah belajar dari persaingan yang merusak di masa lalu.

Namun, kesepakatan yang didukung oleh Mesir dan UEA tersebut masih dalam tahap awal implementasi, tidak ada jaminan kesuksesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Tausyiah Rasil : Tiga Peristiwa yang Dialami Manusia

Oleh : Ustaz Abul Hidayat Saerodji 1. Peristiwa kelahiran Setiap orang yang ada...

Viral, Tentara Azerbaijan Bantu Penduduk Armenia Tinggalkan Wilayah Yang Di Duduki

Azerbaijan, Rasilnews - Tentara Azerbaijan membantu orang-orang Armenia yang secara ilegal dimukimkan kembali di daerah pendudukan untuk meninggalkan wilayah itu, seperti...

KPK Tetapkan 5 Tersangka Korupsi Izin Ekspor Benih Lobster, 2 Masih Buron

Jakarta, Rasilnews - Dalam konferensi pers di KPK, Rabu (25/11/2020) malam, Nawawi Pomolango Wakil Ketua KPK RI mengatakan bahwa dua dari tujuh tersangka...

Pesawat Tempur Israel Serang Suriah

Suriah, Rasilnews - Militer Suriah mengklaim bahwa pesawat tempur Israel melakukan serangan udara ke selatan Ibu kota pada Selasa (24/11) malam....

Recent Comments