close
Breaking news

JAKARTA – Kepemilikan senjata nuklir ternyata turut menjadi simbol superio...read more Yogyakarta, RASILNEWS – Bencana alam di Indonesia pada tahun ini terhitung s...read more RASILNEWS, MYANMAR – Pejabat KBRI di Yangon menyatakan, proyek pembangunan...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Bazar Sya’ban 1438 akan mengangkat isu Halal Life...read more Rasilnews, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, tida...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Pemimpin Redaksi (Pemred) Kantor Berita Islam MINA,...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Geliat Dakwah islam di negeri seribu pagoda Thailan...read more RASILNEWS, MALAYSIA – Dua perusahaan Malaysia yang mengoperasikan pelabuha...read more RASILNEWS, JAKARTA – Koordinator Tim Pembela Ulama dan Aktivis (PUA), Eggi...read more RASILNEWS, JAKARTA – Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifudd...read more

RATUSAN UMAT MUSLIM MEDAN GELAR AKSI PEDULI ROHINGYA

RASILNEWS, MEDAN – Ratusan Muslim dari berbagai elemen di kota Medan, Sumatera Utara menggelar aksi kemanusiaan peduli Rohingya mendesak pemerintah Indonesia untuk mencegah pelanggaran pemerintah dan militer Myanmar terhadap warga Muslim Rohingya.

“Ada ratusan orang dari berbagai elemen yang mengikuti aksi pada hari ini, kami dari Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (PAHAM) cabang Medan, teman-teman dari LSM lain juga ikut turun ke jalan,” kata Khairul Anwar Hasibuan sekretaris PAHAM cabang Medan kepadaRASILNEWS.COM.

Aksi yang dilakukan di depan Kantor DPRD Sumut tersebut mengutuk keras kejahatan kemanusiaan pelanggaran berat hak asasi manusia (Genosida) yang dilakukan oleh pemerintah dan tentara Myanmar terhadap etnis Muslim Rohingnya.

Dalam aksinya tersebut, mereka mendesak perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan seluruh masyarakat internasional untuk menghentikan segala bentuk kejahatan kemanusiaan dan pelanggaran berat HAM dilakukan oleh tentara Myanmar.

Mereka juga mendesak UNHCR untuk memproses dengan baik pengungsi Rohingnya dan kemudian menempatkan mereka ke negara ketiga agar para pengungsi dapat hidup normal sebagaimana layaknya.

Setelah membacakan pernyataan sikap, Direktur PAHAM Dodi Candra menyerahkan langsung pernyataaan tersebut kepada Anggota DPRD Sumut yang diterima Ikrimah Hamidy dan Basyir dari Fraksi PKS, serta Moh. Nizar Dzoeli Fraksi Nasdem.

Dalam tanggapannya, Ikrimah berjanji akan meneruskan tuntutan massa aksi ini ke pemerintah pusat atas nama DPRD Sumut.

Aksi hari ini diikuti beberapa elemen lembaga Kemanusiaan dan mahasiswa yang ada di Sumatera Utara, yakni PAHAM Indonesia Cabang Sumatera Utara, PKPU Human Initative, BSMI Sumut, ACT Sumut, DPP KAUMI, KAMMI Sumut, FSLDK Sumut dan lainnya.

No Comments

Leave a reply

Post your comment
Enter your name
Your e-mail address

Story Page