Sunday, November 1, 2020
Home Nasional RI BUTUH KEPERCAYAAN WISATAWAN UNTUK PULIHKAN DESTINASI WISATAWAN

RI BUTUH KEPERCAYAAN WISATAWAN UNTUK PULIHKAN DESTINASI WISATAWAN

JAKARTA, RASILNEWS – RI butuh kepercayaan dari para wisatawan baik asing maupun domestik untuk memulihkan kembali sektor pariwisata.
Karena itu, stakeholders diminta untuk saling mendukung agar kepercayaan terhadap keamanan berwisata kembali tumbuh.

“Indonesia mengalami lack of trust of destination dari wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik, sehingga kita harus berupaya bersama meningkatkan kepercayaan terhadap wisatawan,” kata Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Nia Niscaya, dalam pernyataan resminya, pada Senin (29/6).

Dikutip dari republika.co.id Nia mengatakan, penurunan kepercayaan wisatawan terhadap destinasi akibat wabah virus corona sebenarnya terjadi di seluruh negara di dunia. Di Indonesia, seiring dengan penanganan Covid-19 oleh pemerintah, sentimen dari sejumlah negara terhadap pasar Indonesia sudah mengalami pertumbuhan positif dari yang sebelumnya berada di zona merah atau di bawah 0 persen.

Untuk dapat meningkatkan kembali kepercayaan wisatawan dan pariwisata nasional pada umumnya, Kemenparekraf, kata Nia, telah menyusun protokol Cleanliness, Health and Safety (CHS) antara lain dalam bentuk video edukasi dan handbook yang ditujukan kepada para pelaku usaha parekraf.

Kemudian melakukan simulasi dan uji coba penerapan protokol sekaligus mendokumentasikan sebagai bahan untuk soft campaign dan tutorial. Juga sosialiasi/pelatihan serta publikasi kepada para pelaku dan masyarakat domestik serta internasional melalui berbagai channel.

Berkaca dari negara-negara lain yang telah mampu pulih dari Covid-19, Nia mengatakan, pasar dalam negeri akan berjalan lebih dahulu. Strategi ini juga akan dijalankan Kemenparekraf dengan kampanye agar para wisatawan domestik mengutamakan wisata di dalam negeri. Tentunya dengan segmentasi pasar keluarga, pasangan, wisatawan perorangan (FIT), dan juga pemerintah.

Sementara itu, Duta Besar LBPP Indonesia untuk Singapura, menambahkan,  Ngurah Swajaya pihaknya akan mendukung dengan turut membuat konten-konten terkait penanganan Covid-19 di Indonesia dan disiarkan melalui seluruh media yang dimiliki. Hal itu agar pangsa pasar di luar negeri, terutama negara tetangga perlahan mulai tumbuh.

“Pasar domestik di Indonesia berpotensi luar biasa namun hal itu tentu tidak cukup dan perlu ditopang dengan wisatawan mancanegara sehingga citra akan pariwisata di Indonesia terus berada di benak wisatawan,” kata Ngurah.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Presiden Jokowi Ajak Umat Islam Teladani Akhlaq Rasulullah

Jakarta, Rasilnews - Presiden Joko Widodo mengajak umat Islam untuk meneladani akhlak terbaik Rasulullah yang patut diteladani dan sangat relevan dalam...

Ketum GP Ansor : Islam Adalah Agama Rahmah Dan Kasih Sayang

Jakarta, Rasilnews - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor H Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, Islam adalah agama yang...

Prof Wiku : Perkembangan Penanganan Pandemi Covid-19 di Tingkat Kabupaten/Kota Meningkat Lebih Baik

Jakarta, Rasilnews - Perkembangan penanganan pandemi Covid-19 pada sebagian besar kabupaten/kota sejauh ini menunjukkan hasil yang baik.

Sebanyak 12.369 Personel Gabungan Amankan Aksi Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law Ciptaker

Jakarta, Rasilnews - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan sebanyak 12.369 personel gabungan TNI-Polri dan pemerintah daerah diterjunkan...

Recent Comments