• Print
close
Breaking news

JAKARTA – Kepemilikan senjata nuklir ternyata turut menjadi simbol superio...read more Yogyakarta, RASILNEWS – Bencana alam di Indonesia pada tahun ini terhitung s...read more RASILNEWS, MYANMAR – Pejabat KBRI di Yangon menyatakan, proyek pembangunan...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Bazar Sya’ban 1438 akan mengangkat isu Halal Life...read more Rasilnews, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, tida...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Pemimpin Redaksi (Pemred) Kantor Berita Islam MINA,...read more RASILNEWS, CILEUNGSI – Geliat Dakwah islam di negeri seribu pagoda Thailan...read more RASILNEWS, MALAYSIA – Dua perusahaan Malaysia yang mengoperasikan pelabuha...read more RASILNEWS, JAKARTA – Koordinator Tim Pembela Ulama dan Aktivis (PUA), Eggi...read more RASILNEWS, JAKARTA – Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifudd...read more

SALAM UI BERTEKAD LAWAN RADIKALISME

RASILNEWS, JAKARTA – Mahasiswa Islam yang tergabung dalam Lembaga Dakwah Kampus Nasional Nuansa Islam Mahasiswa Universitas Indonesia (Salam UI) bertekad untuk bersama-sama melawan radikalisme yang dinilai sangat berlawanan dengan sisi humanis dan Islam yang sebenarnya.

Ketua LDK Salam UI 20 Fahrudin Alwi mengatakan, Salam UI juga bekerjasama dengan Rektorat UI dalam melawan radikalisme. Hal itu muncul setelah LDK Salam UI melakukan pertemuan dengan Rektor UI Prof. Dr. Ir. M. Anis beberapa waktu lalu yang juga membahas isu-isu hangat, sepert persatuan umat, kolaborasi kebaikan antar UKM Kerohanian se-UI, dan radikalisme.

“Ke depan, Rektor bersama LDKN Salam UI, UKM Kerohanian di UI, juga LDF se-UI serta mengajak elemen lain seperti BNPT dan lainnya untuk bersama merumuskan hal untuk menyikapi radikalisme di UI khususnya dan di Indonesia pada umumnya,” kata Alwi di Jakarta, Jumat, (23/6).

Ia menambahkan, dalam pertemuan itu juga dibahas dan disepakati bersama tentang mengoptimalkan amanah LDK Salam UI sebagai Pusat Komunikasi Nasional (Puskomas) Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Indonesia untuk mewujudkan Islam yang rahmatan lil alamin.

“Rektor Prof. Dr. Ir. M. Anis juga menekankan untuk meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antar UKM Kerohanian se-UI dan menjadikan UI sebagai kampus percontohan dalam hal keharmonisan antar umat beragama,” katanya.

Salah satu kejadian tentang menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan dan toleransi di UI menjadi perbincangan banyak orang, terjadi di Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgiwa) UI beberapa waktu lalu antara Nuansa Islam Mahasiswa (Salam UI) dan teman-teman dari Keluarga Mahasiswa Buddhis (KMB) UI.

Ketika itu LDK Salam UI membagikan takjil untuk berbuka puasa kepada mahasiswa yang ada di Pusgiwa UI, dalam ruangan itu juga terdapat mahasiswa non-muslim yang berasal dari Keluarga Mahasiswa Buddhis (KMB) UI yang sedang melakukan aktivitas.

Malamnya salah seorang mahasiswi dari KMB UI membuat status di sosial media mengenai pembagian takjil yang juga dibagikan tidak hanya kepada muslim yang berpuasa. Dalam statusnya itu dijelaskan bagaimana kekagumannya atas kerukunan dan saling toleransi, kemudian status ini banyak mendapat sorotan.

No Comments

Leave a reply

Post your comment
Enter your name
Your e-mail address

Story Page