Monday, October 26, 2020
Home Internasional Sanksi Negara Teluk Terhadap Qatar dapat Merusak Rekonstruksi Gaza

Sanksi Negara Teluk Terhadap Qatar dapat Merusak Rekonstruksi Gaza

RASILNEWS, NORWEGIA – Seorang ketua badan amal kemanusiaan mengatakan, sanksi negara Teluk terhadap Qatar dapat merusak rekonstruksi di Jalur Gaza yang dikelola Hamas.

Qatar diketahui telah memberikan dukungan finansial yang besar kepada upaya pembangunan kembali kehidupan yang hancur di Jalur Gaza, Palestina.

Sekjen Dewan Pengungsi Norwegia Jan Egeland memperingatkan bahwa Qatar mungkin harus mengurangi sebagian bantuannya ke Gaza.

“Qatar sangat penting sebagai investor di Gaza dan sebagai kontributor kemajuan infrastruktur di sana. Ini mungkin tidak mudah terus berlanjut,” kata mantan ketua sayap kemanusiaan PBB itu pada Selasa (6/6). Demikian The New Arab memberitakan.

Negara Teluk adalah salah satu donor terbesar ke daerah kantong Palestina yang rusak parah tersebut, juga telah mendanai pembangunan kembali sebagian besar infrastrukturnya sejak perang 2014 dengan Israel.

Arab Saudi dan sekutu-sekutunya telah memotong hubungan dengan Qatar pada hari Senin, menuduhnya mendukung ekstremisme. Namun pemeerintah Doha dengan tegas membantah tudingan itu.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir telah menutup wilayah udara mereka untuk pesawat Qatar, sebuah langkah yang dapat merusak ekonomi negara Teluk itu secara parah.

Setelah perang 2014 dengan Israel, Qatar yang kaya bensin menjanjikan AS $ 1 miliar untuk rekonstruksi. Jumlah itu adalah yang terbesar dari satu negara.

Jalan dan infrastruktur lainnya di Gaza telah dibangun dengan dana Qatar.

Penguasa Qatar memiliki ikatan kuat dengan Hamas, gerakan Palestina yang memerintah di Gaza.

Lebih dari dua pertiga warga Gaza yang diblokade, bergantung pada bantuan internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Jelang Kedatangan Habieb Rizieq Shihab Ke Indonesia

Jakarta, Rasilnews – Beredar sebuah video di medsos yang memperlihatkan nasehat dan pesan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habieb Rizieq...

12 Duta Besar untuk Negara Sahabat Dilantik Oleh Presiden Jokowi Hari ini

JAKARTA, RASILNEWS - Presiden Jokowi Widodo melantik 12 orang duta besar  luar biasa untuk ditugaskan di Negara-negara sahabat, Senin (26/10/2020).

Manfaat Bersepeda Secara Rutin

Oleh : Suji Rahayu (Jurnalis Rasilnews) Bersepeda atau yang populer disebut gowes, adalah termasuk sebagai salah satu...

Mewujudkan Keluarga Inspiratif

Oleh : Suji Rahayu (Jurnalis Rasilnews) Harta yang paling berharga adalah keluargaIstana yang paling indah adalah keluargaPuisi...

Recent Comments