TAJUK RASIL “BERKHIDMAT UNTUK UMMAT”

0
113

“Tajuk Rasil”
Kamis, 22 Muharram 1441 H/ 10 September 2020

Perkembangan radio dakwah Islam di Indonesia dalam satu dekade terakhir ini semakin menunjukkan peningkatan jumlah. Sudah banyak radio baru ataupun radio lama yang merubah format siarannya mensyiarkan dakwah Islam dengan berbagai keragaman yang khas. Alhamdulillah, radio Silaturahim menjadi salah satu bagian maraknya radio dakwah yang eksis di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Dengan izin Allah SWT, September tahun ini sudah berusia 11 tahun. Dua digit angka yang telah banyak memiliki arti dalam perjalanannya.

Di Milad yang ke-11 ini Rasil akan memfokuskan program siaran dengan semangat “Tetap Berkhidmat Untuk Ummat”. Khidmat, suatu bentuk keadaan yang tidak mengabaikan sesuatu, memperhatikan dengan seksama atau hormat serta fokus. Berkhidmat mengandung pengertian lebih kepada menunjukkan perbuatan khidmat, mengabdi atau bersopan santun. Ketika khidmat dalam beribadah adalah suatu cara agar seseorang lebih dekat berhubungan dengan tuhannya. Rasil pun berkhidmat dalam berdakwah agar bisa bekerja dengan rasa tanggung jawab penuh karena Allah dan mengusahakan yang terbaik untuk kemaslahatan umat.

Konsep dakwah Rasil yang diajarkan Islam seperti tercantum dalam Alquran Surah An-Nahl ayat 125, “Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah (lemah lembut) dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.”
Ayat inilah salah satu alasan Radio Silaturahim terus berusaha memberikan kontribusi terbaik bagi umat. Mengoperasikan lembaga siaran dengan beragam program yang didanai dari zakat, infak, dan sedekah yang disalurkan para donaturnya. Rasil dengan dukungan penuh para narasumber dari berbagai latar belakang, menjaga komitmen dengan amanah dan profesional, agar benar-benar setiap program acaranya diterima oleh umat serta memberikan manfaat dalam jangka panjang.

Dalam perjuangannya, Rasil pun didukung oleh lembaga pendidikan yang sama-sama didirikan oleh penanggung jawab yang sama. Insan Mandiri Boarding School, sebuah lembaga pendidikan. Mengapa pendidikan? Karena Rasulullah SAW semasa hidupnya juga sangat mementingkan pendidikan. Para sahabat yang hidup di zaman Rasulullah merupakan generasi terbaik karena dididik secara langsung olehnya. Akhlak para sahabat menjadi baik, fisiknya dilatih untuk kuat, kecerdasannya terus diasah.

Melalui pendidikan pula, pola pikir seseorang akan berubah. Mereka akan lebih kreatif menyelesaikan segala macam persoalan, dan perlahan-lahan ke luar dari garis kemiskinan dan kedhoifan. Lalu, menjadi pribadi yang kreatif, mandiri, dan sukses di kemudian hari. Inilah yang diharapkan dari anak-anak yang menimba ilmu di Insan Mandiri Boarding School. Bukankah ini juga menjadi tujuan yang sama dari hadirnya Rasil di tengah-tengah umat, mencerdaskan umat dengan mengaji ilmu agama melalui siaran udara.

Ternyata berdakwah tidak selalu dalam bentuk memberikan tausiah kepada jamaah. Tapi, berdakwah dapat dilakukan dengan beragam cara. Program memakmurkan masjid misalnya. Sudah banyak individu, lembaga ataupun organisasi yang melakukan program ini, masyarakat diajak untuk giat ibadah di masjid. Karena memakmurkan masjid merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Penanggung jawab Rasil, menyadari hal tersebut sehingga ikut berpartisipasi memfasilitasi umat dengan membangun masjid di kawasan Jatinegara Jakarta Timur dengan nama Masjid Umat Bin Khattab.

Kemarin, dalam rangka Milad atau lebih tepatnya bertepatan dengan Milad Rasil yang ke-11, semua badan dakwah tersebut ( Rasil, Insan Mandiri, Masjid Umar bin Khattab ) secara administratif diserahkan untuk umat dengan status wakaf oleh pendirinya atau penanggung jawabnya. Dalam badan wakaf yang bernama ‘Yayasan Wakaf Rumah Quran Silaturahim’.

Ini langkah nyata kontribusi untuk dakwah Islam, untuk Negeri tercinta, untuk umat. Radio Silaturahim yang disertai program-program pendukung lainnya, sesungguhnya adalah upaya mendapatkan dan meraih Ridho Allah SWT. Semakin banyak yang terfasilitasi, semakin banyak pula peluang bagi para pengurusnya dan para donaturnya untuk mendapat keberkahan.

Tidak dapat dipungkiri, tantangan zaman yang semakin beragam ditambah perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat banyak orang membutuhkan bimbingan ke jalan yang benar. Maka, hadirnya Yayasan Wakaf Rumah Quran Silaturahim yang mana Rasil ada didalamnya, diharapkan menjadi solusi permasalahan umat. Sehingga banyak yang terbantu dari sisi dakwah, pendidikan, hingga ekonomi nantinya. Semoga setiap kontribusi ini, menjadi jalan terwujudnya lembaga yang Allah SWT ridhoi.

Wallahu ‘Alam Bish Showwab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here