Saturday, October 31, 2020
Home Tajuk Rasil TAJUK RASIL "SEPEKAN MENUJU RAMADHAN"

TAJUK RASIL “SEPEKAN MENUJU RAMADHAN”

Tajuk Rasil
Kamis, 16 April 2020/ 22 Sya’ban 1441 H

Alkisah, dalam suatu riwayat. Suatu hari Rasulullah SAW sedang berkumpul dalam majlis dengan para sahabatnya. Di tengah perbincangan dengan para sahabat, tiba-tiba Rasulullah SAW tertawa ringan sampai terlihat gigi depannya. Sayyidina Umar r.a. yang berada di situ, bertanya, “Apa yang membuatmu tertawa wahai Rasulullah ?”

Rasulullah SAW menjawab, “Aku diberitahu Malaikat, bahwa pada hari kiamat nanti, ada dua orang yang duduk bersimpuh sambil menundukkan kepala di hadapan Allah SWT”. Salah seorang mengadu kepada Allah sambil berkata, “Ya Rabb, ambilkan kebaikan dari orang ini untukku karena dulu ia pernah berbuat zalim kepadaku”. Allah SWT berfirman : “Bagaimana mungkin Aku mengambil kebaikan saudaramu ini, karena tidak ada kebaikan di dalam dirinya sedikitpun?” Orang itu berkata lagi, “Ya Rabb, kalau begitu, biarlah dosa-dosaku dipikul olehnya”.

Sampai di sini, mata Rasulullah SAW berkaca-kaca. Rasulullah SAW tidak mampu menahan tetesan air matanya. Beliau menangis. Lalu, beliau Rasulullah berkata, “Hari itu adalah hari yang begitu mencekam, di mana setiap manusia ingin agar ada orang lain yang memikul dosa-dosa nya”.

Rasulullah SAW pun melanjutkan kisahnya. Lalu Allah berkata kepada orang yang mengadu tadi : “Sekarang angkat kepalamu”. Orang itu mengangkat kepalanya, lalu ia berkata : “Ya Rabb, aku melihat di depanku ada istana-istana yang terbuat dari emas, dengan puri dan singgasananya yang terbuat dari emas dan perak bertahtakan intan berlian. Istana-istana itu untuk Nabi yang mana, ya Rabb.. ? Untuk orang shiddiq yang mana, ya Rabb.. ? Untuk Syuhada yang mana, ya Rabb.. ?”

Allah SWT berfirman, “Istana itu akan diberikan kepada orang yang mampu membayar harganya”.
Orang itu berkata, “Siapakah yang mampu membayar harganya, ya Rabb.. ?”
Allah berfirman, “Engkau pun mampu membayar harganya”.
Orang itu terheran-heran, sambil berkata : “Dengan cara apa aku membayarnya, ya Rabb.. ?”
Allah berfirman, “Caranya, engkau maafkan saudaramu yang duduk di sebelahmu, yang kau adukan kezalimannya kepada-Ku”.
Orang itu berkata, “Ya Rabb, kini aku memaafkannya”.
Allah berfirman, “Kalau begitu, gandeng tangan saudaramu itu, dan ajak ia masuk ke surga bersamamu”.

Setelah menceritakan kisah itu, Rasulullah SAW bersabda, “Bertakwalah kalian kepada Allah dan hendaknya kalian saling berdamai dan memaafkan. Sesungguhnya Allah SWT mendamaikan persoalan yang terjadi di antara kaum muslimin”. (Kisah ini diriwayatkan oleh Imam al-Hakim, dengan sanad yang shahih).

Ikhwan Akhwat…
Salah satu ibrah yang dapat kita ambil dari kisah diatas diantaranya amalan hati yang nilainya tinggi dihadapan Allah SWT adalah meminta maaf, memberi maaf, dan saling memaafkan. Saling meminta dan memberi maaf adalah perintah Allah SWT untuk semua hamba-Nya. Karena di dalamnya banyak pintu-pintu kebaikan dan kemuliaan.

Alhamdulillah sepekan lagi, tinggal menghitung jari dan hari, Ramadhan akan segera datang, Ramadhan yang akan terasa berbeda dengan tahun sebelumnya. Dalam kondisi spesial sekali, mengingat hampir seluruh dunia sedang menghadapi wabah Covid-19 yang efeknya luar biasa ini. Hampir semua lapisan masyarakat terdampak dan tengah diuji kualitas sabar, syukur dan tawakkal melalui pandemi ini. Jelas, kondisi wabah yang kian merajalela ini mengharuskan kita untuk semakin berlatih sabar.

Datangnya bulan Ramadhan bukan hanya disambut dengan suka cita saja, namun diharapkan tetap menjaga dan melestarikan berbagai tradisi menjelang datangnya Ramadhan, salah satunya yaitu tradisi bermaaf-maafan. Hal ini dilakukan supaya kita bisa memperoleh berkah dan keutamaan bulan-bulan mulia.

Budaya saling meminta maaf sebelum Ramadhan, memang akhirnya merupakan sarana untuk saling menyapa dan berbagi kebahagiaan akan datangnya bulan Ramadhan. Sekaligus membersihkan diri dari dosa-dosa sebelum menjalani ibadah puasa, karena manusia adalah tempatnya salah dan lupa.
Kami keluarga besar Rasil Mohon maaf lahir batin. Selamat menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan.

Wallahu ‘Alam Bish Showwab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Presiden Jokowi Ajak Umat Islam Teladani Akhlaq Rasulullah

Jakarta, Rasilnews - Presiden Joko Widodo mengajak umat Islam untuk meneladani akhlak terbaik Rasulullah yang patut diteladani dan sangat relevan dalam...

Ketum GP Ansor : Islam Adalah Agama Rahmah Dan Kasih Sayang

Jakarta, Rasilnews - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor H Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, Islam adalah agama yang...

Prof Wiku : Perkembangan Penanganan Pandemi Covid-19 di Tingkat Kabupaten/Kota Meningkat Lebih Baik

Jakarta, Rasilnews - Perkembangan penanganan pandemi Covid-19 pada sebagian besar kabupaten/kota sejauh ini menunjukkan hasil yang baik.

Sebanyak 12.369 Personel Gabungan Amankan Aksi Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law Ciptaker

Jakarta, Rasilnews - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan sebanyak 12.369 personel gabungan TNI-Polri dan pemerintah daerah diterjunkan...

Recent Comments