Tuesday, October 20, 2020
Home Tajuk Rasil TAJUK RASIL "YAKIN AKAN REZEKI ALLAH"

TAJUK RASIL “YAKIN AKAN REZEKI ALLAH”

Jumat, 12 Dzulqa’dah 1441 H/ 3 Juli 2020

Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih kurang empat bulan di negeri ini telah memberikan dampak luar biasa bagi masyarakat. Tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, tetapi juga berpengaruh pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Tidak sedikit rakyat kehilangan pekerjaan dan mata pencahariannya, akibat terkena PHK, tempat kerja mereka tutup, atau tempat usahanya berhenti beroperasi untuk sementara waktu.

Bahkan tidak sedikit akhirnya dalam pengeluaran sehari-hari mengandalkan tabungan yang semakin menipis. Terlebih lagi adanya kebijakan lockdown dan selanjutnya PSBB, praktis segala sesuatunya dilakukan di rumah. Ternyata banyak pengeluaran ekstra yang harus dikeluarkan. Misalnya kuota internet untuk anak-anak belajar dan suami bekerja dari rumah, tagihan listrik, camilan anak, masker, hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan sebagainya.

Apalagi kita hidup dalam sistem kapitalis sekuler. Dari sisi ekonomi, sikap negara terhadap permasalahan rakyatnya seperti dibiarkan menyelesaikan sendiri permasalahan yang menimpanya. Wajar jika akhirnya sebagian rakyat menanggung beban yang cukup berat terdampak Covid-19 ini. Tetapi bagaimana pun, kita harus menyadari bahwa terjadinya pandemi ini adalah dengan izin Allah, sebagai musibah, ujian, dan teguran sayangnya Allah untuk kita semua.

Yakin bahwa ini adalah ketetapan Allah yang akan menjadikan kita bersabar menghadapi berbagai efek dari pandemi ini, sambil terus berupaya keras dan maksimal menjalani semua aktivitas-aktivitas kita, melaksanakan peran-peran kita dengan baik sebagai suami, ayah, ibu, istri, anak, ataupun bagian dari masyarakat, dengan tetap memperhatikan kesehatan diri dan keluarga kita. Kita yakin, bahwa banyak sekali hikmah yang Allah berikan bagi kita atas kejadian ini.

Tidak mudah memang, menghadapi segala permasalahan pandemi ini, tapi sesungguhnya Islam dengan aturan-aturannya yang terperinci telah memberikan rambu-rambu kepada kita bagaimana seharusnya kita menyikapinya, sehingga kita tetap bisa maksimal menjalankan peran kita dengan baik. Berusaha keras pada hal-hal yang memang ada dalam kuasa kita untuk mencapainya dan di sisi lain pun kita tetap berserah diri pada Allah jika itu berada di luar kuasa kita.

Termasuk ketika kita menghadapi masalah keuangan di saat pandemi ini. Banyak nasihat yang disampaikan para asatidz di media radio dakwah yang kita cintai ini mengenai beberapa tuntunan Islam yang bisa kita amalkan ketika kita dihadapkan dengan masalah keuangan di masa pandemi Covid-19. Diantaranya memahami dan meyakini bahwa rezeki adalah ketetapan Allah SWT.

Manajemen keuangan keluarga islami harus dilandasi prinsip keyakinan bahwa penentu dan pemberi rezeki adalah Allah SWT, tugas manusia adalah berusaha dengan niat memenuhi kebutuhan keluarga agar dapat melaksanakan semua kewajiban. Sehingga, memiliki komitmen dan prioritas penghasilan halal yang membawa berkah dan menghindari penghasilan haram yang membawa petaka. Allah telah mengatur rezeki untuk hamba-Nya, dan juga sudah dibagi dengan adil, tidak akan pernah tertukar.

Allah SWT berfirman dalam Quran surah Asy-Syuaraa ayat 27, “Dan jikalau Allah melapangkan rezki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat.”

Ibnu Katsir menjelaskan, “Allah memberi rezeki pada mereka sesuai dengan pilihan-Nya dan Allah selalu melihat manakah yang maslahat untuk mereka. Allah tentu yang lebih mengetahui manakah yang terbaik untuk mereka. Allah-lah yang memberikan kekayaan bagi mereka yang Dia nilai pantas menerimanya. Dan Allah-lah yang memberikan kefakiran bagi mereka yang Dia nilai pantas menerimanya.”

Sudah seharusnya kita lebih hati-hati dan bijaksana dalam mengatur dan mengelola harta yang kita miliki, dan tetap dengan keyakinan bahwa Allah Ar-Razaaq, Yang Maha Pemberi Rezeki, yang Maha Mencukupkan Rezeki untuk kita semua. Semoga Allah senantiasa melapangkan rezeki untuk kita semua serta memberikan kecukupan dengan rezeki yang diberikan-Nya untuk kita.

Wallahu ‘Alam Bish Showwab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Pemerintah Belanda Bersedia Membayar Rp 87,2 Juta Bagi Janda dan Anak anak Korban Penjajahan Belanda Hingga Akhir 1940-an

Belanda, Rasilnews - Menteri Luar negeri Belanda Stef Blok dan Menteri Pertahanan Ank Bijeveld menyampaikan bahwa anak-anak yang dapat membuktikan bahwa...

Sebanyak 10.587 Personil Gabungan TNI-POLRI Akan Mengamankan Aksi Demo Tolak Amnibus Law

Jakarta, Rasilnews - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya mengatakan bahwa Sebanyak 10.587 personel gabungan...

Pemrov DKI Berkomitmen Terhadap Upaya Kesehatan dan Sosial Ekonomi Jakarta

Jakarta, Rasilnews - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Senin (19/10) melalui Rapat...

Gaza Palestina Berterimakasih Kepada Jamaah Muslimin (Hizbulllah) Indonesia

GAZA, PALESTINA - Wali Kota Rafah, Anwar Hamdan Al Shaer, mengucapkan terima kasih atas Program Wakaf 1.000 Pohon Zaitun untuk Gaza...

Recent Comments