Monday, October 26, 2020
Home Nasional TARGET KEMENAG BANGUN 248 BALAI NIKAH DAN MANASIK HAJI

TARGET KEMENAG BANGUN 248 BALAI NIKAH DAN MANASIK HAJI

JAKARTA, RASILNEWS – Ditjen Bimas Islam Kemenag mengupayakan peningkatkan layanan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, salah satunya melalui pembangunan balai nikah dan manasik haji.

Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin, saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Direktorat Bina KUA pada Rabu (4/3) mengungkapkan, tahun ini akan dibangun sebanyak 248 unit gedung baru KUA melalui skema pembiayaan SBSN (Surat Berharga Syariah Negara).

“Kita telah mendapatkan penghargaan pengelola SBSN terbaik di Kementerian Agama,” jelas Amin, demikian dikutip dari Kemenag.

Ia mengatakan, Kemenag telah merevitalisasi gedung KUA sejak 2015. Saat ini sudah ada 708 gedung balai nikah dan manasik haji yang dibangun melalui dana SBSN. Keberadaan gedung baru tersebut telah meningkatkan kualitas layanan KUA.

Peningkatan layanan tersebut mendapat apresiasi dari Ombudsman. Terkait nilai tingkat kepatuhan misalnya, Ombudsman Republik Indonesia mengganjar angka 100 untuk layanan Legalisasi Kutipan Akta Nikah dan Legalisasi Surat Keterangan Nikah Luar Negeri.

Amin juga menyatakan, sumber daya penghulu terus mengalami penambahan. Menurutnya setelah memiliki izin prinsip dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, tahun ini akan dilakukan rekrutmen penghulu melalui inpassing atau penyesuaian.

Dirjen Bimas Islam berpesan agar pelayanan di KUA Kecamatan terus ditingkatkan. KUA merupakan garda terdepan Kementerian Agama yang berhadapan langsung dengan masyarakat.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Jelang Kedatangan Habieb Rizieq Shihab Ke Indonesia

Jakarta, Rasilnews – Beredar sebuah video di medsos yang memperlihatkan nasehat dan pesan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habieb Rizieq...

12 Duta Besar untuk Negara Sahabat Dilantik Oleh Presiden Jokowi Hari ini

JAKARTA, RASILNEWS - Presiden Jokowi Widodo melantik 12 orang duta besar  luar biasa untuk ditugaskan di Negara-negara sahabat, Senin (26/10/2020).

Manfaat Bersepeda Secara Rutin

Oleh : Suji Rahayu (Jurnalis Rasilnews) Bersepeda atau yang populer disebut gowes, adalah termasuk sebagai salah satu...

Mewujudkan Keluarga Inspiratif

Oleh : Suji Rahayu (Jurnalis Rasilnews) Harta yang paling berharga adalah keluargaIstana yang paling indah adalah keluargaPuisi...

Recent Comments